PT. Bukit Asam Muara Enim Memperingati Bulan K3 Nasional dengan Serangkaian Kegiatan dan Perlombaan

PT. Bukit Asam Muara Enim Memperingati Bulan K3 Nasional dengan Serangkaian Kegiatan dan Perlombaan

indopers.net, Muara Enim (SUMSEL) – Dalam rangka menyemarakkan peringatan Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) 2022, PT Bukit Asam Tbk menggelar serangkaian acara dengan tema nasional “Penerapan Budaya K3 pada setiap kegiatan usaha, Guna mendukung perlindungan tenaga kerja di era digitalisasi”.

Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan, yang berlangsung di Halaman Kantor Besar PT. Bukit Asam Tanjung Enim kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim. Rabu, (12/01/2022).

Direktur Operasi dan Produksi PT. Bukit Asam selaku pembina upacara. Suhedi dalam sambutan tertulis Menteri Ketenagakerjaan yang dibacakan, selama dua kali penyelenggaraan peringatan Bulan K3 Nasional, semua masih dalam kondisi prihatin dengan adanya Pandemi COVID-19.

“Semoga pada hari-hari mendatang dengan adanya berbagai upaya, baik kedisiplinan, penerapan protokol Kesehatan, maupun peningkatan jangkauan vaksin, negara kita dapat segera pulih dari kondisi kesehatan, kondisi ketenagakerjaan, maupun kondisi ekonomi,” ujarnya.

Ia menambahkan, sebagai salah satu langkah pembangunan ketenagakerjaan utamanya dalam hal penciptaan lapangan kerja, telah hadir Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang mengamanatkan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

“Regulasi ini diikuti juga dengan beberapa peraturan Kementerian/Lembaga yang mengatur secara khusus tentang standar usaha/produk dalam penyelenggaraan perizinan berusaha berbasis risiko. Semua perangkat regulasi ini ditargetkan mampu mendorong kemudahan berbisnis atau berinvestasi di Indonesia. Hal ini tentunya sangat penting bagi upaya penurunan tingkat pengangguran dan penciptaan lapangan kerja sektor formal di era pelambatan ekonomi global karena efek pandemi COVID-19,” ulasnya.

Berdasarkan Wajib Lapor Ketenagakerjaan Dalam Jaringan (WLKP Online) pada Sisnaker, jumlah perusahaan baik kecil, menengah dan besar sebanyak 399.391 (tiga ratus sembilan puluh sembilan ribu tiga ratus sembilan puluh satu) perusahaan, dengan jumlah tenaga kerja yang tercatat mencapai 11,2 juta orang.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada perusahaan yang telah melakukan pelaporan ketenagakerjaan secara daring. Sementara itu terkait keselamatan kerja berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan, pada tahun 2019 terdapat 182 ribu kasus kecelakaan kerja dan sepanjang tahun 2020 terdapat 225 ribu kasus kecelakaan kerja, 53 (lima puluh tiga) kasus penyakit akibat kerja yang 11 (sebelas) diantaranya disebabkan COVID-19,” ucapnya.

Sepanjang Januari hingga September tahun 2021 terdapat 82 ribu kasus kecelakaan kerja dan 179 (seratus tujuh puluh sembilan) kasus penyakit akibat kerja yang 65 persennya disebabkan karena COVID-19.

Data menunjukkan bahwa usia terbanyak yang mengalami kecelakaan kerja adalah pada kelompok usia muda 20 sampai 25 tahun. Ini memberikan sinyal bahwa usia-usia muda berpotensi pada kurangnya kesadaran berperilaku selamat. Untuk itu perlu upaya pendekatan dan sosialisasi K3 yang lebih intens dan inovatif khususnya pada kaum muda agar bisa semakin peduli dan melaksanakan K3 di tempat kerja.

“Saya berharap pengusaha dan pekerja sebagai stakeholder utama ketenagakerjaan dapat menjadi garda terdepan menengah dan menangani hal ini,” katanya.

“Saya berharap kegiatan Bulan K3 Nasional ini diikuti secara nasional di semua Lembaga, institusi, pemerintah daerah, perguruan tinggi dan perusahaan. Untuk itu saya sampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan terlibat aktif dalam mengembangkan, mempromosikan serta membudayakan K3,” tambahnya.

Sementara, Taupan Ariansyah selaku ketua Panitia mengatakan, pada peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2022 ini, PT. Bukit Asam Tbk akan menggelar berbagai acara.

“Ada 10 rangkaian kegiatan dan perlombaan mencakup semua aspek K3, yang akan berlangsung pada 12 Januari hingga 18 Febuari 2022. Seperti, upacara pembukaan dengan demo penyelamatan korban, dan donor darah, 4 seri Webinar tentang K3, Lomba Cepat tepat K3 virtual, K3 Peduli, bersih-bersih aliran sungai dengan Masyarakat, Sekolah, Forum dan Pemerhati Lingkungan, Penilaian Golden Rule di lingkungan Satuan Kerja & Mitra Kerja,” sebutnya.

“Semarak K3 di lingkungan PTBA & Mitra Kerja, Safety talk Virtual, Bukit Asam Run Fest, Penutupan bulan K3, dengan menghadirkan pembicara K3 Nasional & Bintang Tamu. Harapan manajemen, dan Panitia agar Budaya K3 tidak hanya dimiliki oleh Pegawai PTBA saja, namun juga di lingkungan Mitra Kerja, dan Seluruh Stakeholders PTBA,” tambahnya lagi.

Nampak hadir dalam upacara tersebut, Arsal Ismail Dirut PTBA, Riswandar Assiten II Kabupaten Muara Enim, Andrille Martin, Camat Lawang Kidul, Para pejabat dilingkungan kerja PTBA, dan para undangan Lainnya.

(Tnd)

 372 total views,  1 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!