Reses DPRD KAB NGAWI SARJONO Spd, Beri Wawasan Kebangsaan Kepada Karang Taruna.

Reses DPRD KAB NGAWI SARJONO Spd, Beri Wawasan Kebangsaan Kepada Karang Taruna.

indopers.net, Ngawi (Jatim) — Wakil Ketua DPRD Kab Ngawi dalam perjalanan reses perorangannya di Kabupaten Ngawi menvadakan reses di Desa Pabgkur Kec Pangkur untuk menjadi salahsatu narasumber pada kegiatan reaes tentang Wawasan Kebangsaan .

Dalam kesempatan tersebut P Sarjono selaku Wakil Kwtua DPRD Kab Ngawi menyampaikan materi wawasan kebangsaan.

“Para pendiri bangsa yang berasal dari berbagai latar belakang agama dan suku telah membuat konvensi atau kesepakatan kebangsaan”, ujar P Sarjino kepada peserta peserta atau para undqngan.

Menurutnya, setidaknya ada 4 konvensi kebangsaan yang dibuat oleh para pendiri bangsa. “Pertama, Pancasila sebagai ideologi negara”, ucapnya.

Partai Golkar adalah bagian dari bangsa dan negara Indonesia karena itu tentu berkomitmen juga terhadap hal tersebut.

“Kita tidak perlu lagi mempertentangkan Islam dengan Pancasila. Pancasila merupakan rumusan para ulama. Kalau kita tidak sepakat dengan Pancasila berarti kita tidak menyetujui kesepaktan ulama di awal kemerdekaan”, papar legislator dari Partai Golkar ni.

Kedua, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 sebagai dasar negara.

“Didalam UUD NKRI 1945 tersebut dipaparkan berbagai lembaga negara yang berperan sebagai pengelola utama negara ini”, ucapnya.

Ketiga, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara. “Di wilayah Indonesia terdapat lebih dari 17.000 pulau besar dan kecil serta lebih dari 2.000 bahasa daerah. Semuanya itu perlu dijadikan sebagai satu kesatuan. Pemersatunya adalah NKRI”, tuturnya.

Keempat, Bhinneka Tunggal Ika (walau berbeda-beda tetap satu). “Indonesia memiliki beragam suku dengan adat, budaya dan kebiasaan yang berbeda-beda satu sama lain. Terhadap beragam perbedaan ini yang kita kembangkan adalah konsep toleransi. Satu sama lain saling menghargai dan menghormati perbedaan tersebut”, katanya.

“Semua bersama-sama membangun Indonesia agar bersatu dan diperhitungkan dunia”, pungkas legislator dari dapil II ini.

(rin)

 218 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!