SMKN Ngadirojo Kabupaten Pacitan Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur 2022

SMKN Ngadirojo Kabupaten Pacitan Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur 2022

indopers.net, Pacitan (Jatim) – Berkat kerja keras seluruh warga sekolah, SMKN Ngadirojo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan mampu meraih penghar digaan pada acara Environtment Exhibition & Forum 2022 sebagai sekolah Adiwiyata tingkat SMK nomor 1 se Provinsi Jawa Timur. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Provinsi Jawa Timur Tahun 2022, di Jatim International Expo (JIE) Convention Exhibition, Surabaya, Senin (12/9/2022).

Adiwiyata atau yang disebut dengan Green School adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Green School merupakan program yang dikembangkan di tingkat internasional. Diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan guna mewujudkan sekolah Adiwiyata. Mulai dari membuang sampah pada tempatnya, mendaur ulang sampah menjadi barang yang berguna, menanam berbagai macam tanaman di lingkungan sekolah dan mengurangi kantong plastik wadah jajan kantin. Selain untuk mewujudkan Green School, cara tersebut dinilai efektif untuk menumbuhkan niat warga sekolah agar berkelakuan bersih dan higienis.

Mode ini sudah lama diterapkan di SMKN Ngadirojo. Para pendidik bekerja sama dengan murid melaksanakan program tersebut guna terwujudnya sekolah Adiwiyata. Berbagai upaya dilakukan untuk menggalakkan siswa siswi agar ikut melaksanakan strategi ini.

“Kerja keras kita menghasilkan yang terbaik, tentunya tidak mudah untuk sampai dititik ini, tapi untuk kedepannya semoga menjadi lebih dan lebih baik lagi,” ucap Banjir, selaku Kepala Sekolah, Senin (12/09).

Lebih lanjut Banjir mengatakan, penghargaan ini tentunnya menjadikan kebanggan tersendiri untuk setiap warga sekolah yang giat menertibkan kebersihan guna mewujudkan sekolah Adiwiyata.

“Kedepannya SMK Negeri Ngadirojo akan lebih meningkatkan programprogram yang sudah ada guna mempertahankan status Adiwiyata dan sedapat mungkin melenggang ke tingkat nasional,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Provinsi Jawa Timur Tahun 2022 di ikuti oleh Dinas Lingkungan Hidup se Jawa Timur serta Kepala Dinas dan Kepala Sekolah tingkat SD/MI, SMP/MTS yang masuk nominator Adiwiyata 2022. (poer_Red)

 173 total views,  2 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!