Wujudkan Kolaborasi Percepatan Pembangunan Wilayah, TMMD Reguler ke-119 Kodim Palangka Raya Resmi Dibuka

Wujudkan Kolaborasi Percepatan Pembangunan Wilayah, TMMD Reguler ke-119 Kodim Palangka Raya Resmi Dibuka

indopers.net | Gunung MAS (Kalteng) – Wujudkan Kolaborasi Percepatan Pembangunan wilayah, Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-119 Kodim 1016 Palangka Raya resmi dibuka dengan diadakan nya Upacara pembukaan di Lapangan SMPN 3 Manuhing, Desa Bangun Sari, Kecamatan Manuhing Kabupaten Gunung Mas.

Upacara pembukaan TMMD Reguler Kodim 1016 Palangka Raya ini dipimpin oleh Wakil Bupati Gunung Mas Ibu Efrensia L.P Umbing, M.Si dan dihadiri oleh seluruh Unsur Forkopimda Kota Palangka Raya dan Personel TNI-Polri serta para tokoh adat dan masyarakat Kecamatan Manuhing.

Dandim 1016 Palangka Raya, Kolonel Czi Wiwid Wahyu Hidayat mengatakan “Tugas pokok pemberdayaan wilayah pertahanan oleh TNI ini dikemas dalam kegiatan yang disebut dengan operasi bhakti TNI sebagai bagian dari program bhakti TNI, TMMD wilayah Kodim 1016 Palangka Raya ini merupakan bagian dari program operasi Bhakti TNI. “

Kegiatan yang bertemakan “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Di Wilayah” ini, merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementrian, Lembaga Pemerintah non Kementrian dan Pemerintah Daerah serta segenap lapisan masyarakat,Ungkap Dandim.

Dandim menjelaskan “Salah satu upaya yang dilakukan adalah melaksanakan pembangunan bersifat fisik maupun non fisik, diantaranya melalui kegiatan Peningkatan Poros Badan Jalan dengan Lebar 6 M yang menghubungkan Desa Bangun Sari ke Desa Bumi Harjo sepanjang 1425 M termasuk pembuatan jembatan sejumlah 9 buah di dalam jalan poros tersebut, dan Perehapan SDN Bangun Sari.”

“Selain itu, juga ada Perpadua Program Unggulan KASAD dengan Kegiatan TMMD Reguler yaitu pembuatan Sumur Bor Untuk Warga Sekitar dan Penanaman Jagung untuk ketahanan pangan. Serta Sasaran tambahan perehapan 1 Unit rumah tidak layak huni (RTLH) milik masyarakat, Perehapan Mushola Nurul Huda, Penanaman Bibit pohon, Pemberian bantuan anak Stunting, Pemberian Bantuan Kepada masyarakat kurang mampu, dan Pemberian Bibit Jagung kepada Petani.” Pungkas Kolonel Czi Wiwid Wahyu Hidayat, Senin (19/02/24).

Anggota satgas TMMD juga telah Beroperasional mengerjakan program unggulan Kasad Pembuatan Sumur Bor Untuk warga sekitar yang sangat membutuhkan air bersih dan Peningkatan Poros Badan Jalan yang telah dikerjakan dari Senin(12/02/24) lalu saat pelaksanaan Pra TMMD Reguler Kodim 1016 Palangka Raya.

TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) merupakan suatu wujud yang menggambarkan bahwa kebersamaan TNI Rakyat masih terus terpelihara dan dijaga yang sering didengungkan dipersada Nusantara yaitu “Semangat Kemanunggalan TNI dah Masyarakat Ucapnya.

Pelaksanaan TMMD Reguler ke-119 ini dilaksanakan selama 30 hari berlangsung dari 20 Februari sampai dengan 20 Maret 2024, Dandim Berharap Prajurit Satgas TMMD saling menjaga kondisi kesehatan di cuaca penghujan seperti ini dan tetap semangat serta Ikhlas dalam membantu masyarakat Kecamatan Manuhing tutupnya.

(Umar k/Pendim 1016/Plk)

 948 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *