Telah Terjadi Musibah Yang Menimpa Kapal Longboad Jurusan Pegatan ke Banjarmasin.

Telah Terjadi Musibah Yang Menimpa Kapal Longboad Jurusan Pegatan ke Banjarmasin.

indopers.net | Pegatan/Katingan (Kalteng) – Mendengar adanya musibah yang terjadi menerpa kapal longboad jurusan pegatan Katingan kuala ke Banjarmasin hari sabtu tanggal 27/5/2023.

Informasi ini telah menyebar namun masih simpang siur ada yang mengatakan tenggelam dan ada pula mengatakan terdampar dipantai, Dengan adanya berita tersebut maka tim dari gabungan Pos Satpolairud, Pos TNI-AL, anggota Polsek dan Dishub mempertanyakan kepada agen taxi Aulia H. Gajali tentang kebenarannya, dan beliau membenarkan kejadian tersebut.

Adapun kronologis kejadiannya pada hari sabtu pagi kapal longboad berangkat dari pelabuhan pegatan menuju arah banjarmasin dengan mengangkut penumpang sebanyak 9 orang yang dinakhodai Agus.

Kerena perjalanan menuju banjarmasin memakan waktu kurang lebih 7 jam setelah perjalanan kurang lebih 2 jam turun angin disertai hujan dan ombak cukup besar maka agen taxi kapal longboad minta bantuan kepada saudara yang dekat lokasi kejadian tersebut telah menemukan titik bahwa kapal longboad yang bermesin L 300 atau mesin nisan dalam titik aman beserta penumpangnya.

Sebelum adanya keterangan dari agent berita hoax telah tersebar kemana, ada yang mengatakan tenggelam bodinya pecah dan ada pula mengatakan terdampar dipantai dan tidak diketahui nasip para penumpangnya.

Saat kejadian tersebut anggota tim penyelamat belum bisa menuju ke lokasi kejadian berhung hari sudah senja dan angin kuat ombak besar maka tim penyelamat cukup menunggu ditempat agent saja, setelah itu kurang lebih jam 10 malam menerima informasi para penumpang bersama nakhoda serta karnetnya selamat. Kronologisnya dalam perjalanan berlayar telah diterpa angin yang disertai hujan ombak begitu menakutkan maka nakhoda berinisiatip untuk tidak melanjutkan perjalanannya mencari keselamatan merujuk ketepi pantai desa cemantan kecamatan bahaur kabupaten pulang pisau kalteng. Dan hari minggu sebagian penumpang ada yang meneruskan perjalanannya menuju banjarmasin sebanyak 9 orang dan yang balik ke pegatan Katingan kuala sebanyak 3 orang yaitu nakhodanya, karnetnya dan penumpang 1 orang.

Dengan adanya kejadian tersebut kami selalu masyarakat menghimbau kepada dinas instansi terkait untuk memperketat arus penumpang yang melintasi jalur laut. Sebab musim sekarang ini arah angin selalu berubah ubah akan berakibat patal dan kecelakaan. Disamping itu kami sebagai madyarakat yang selalu peduli tentang keselatan berharap kepada semua nakhoda kapal longboad untuk menyediakan pelampung keselamatan para penumpang. (Abdalli)

 445 total views,  2 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!