Senyum Sumringah Dhuafa Berkat Rumah dari FABA

Senyum Sumringah Dhuafa Berkat Rumah dari FABA

indopers.net, Muara Enim (SUMSEL) – PLN berhasil menyelesaikan program bedah rumah FABA serentak di 5 Lokasi PLTU di Sumatera, serah terima rumah tersebut dilakukan serentak menjelang Idul Fitri 1443 H

Mimpi apa Nursani (69) janda yang menggantungkan hidup dari anaknya yang berprofesi sebagai tukang becak akhirnya dapat menikmati rumah baru. Beda halnya dengan Eni (34) janda 2 anak yang rumahnya selalu terkena banjir jika air laut pasang hanya bisa meneteskan air mata tidak mampu banyak bicara melihat rumahnya telah direnovasi.

Nursani dan Eni merupakan dua dari lima penerima bantuan program bedah rumah yang diinisiasi oleh PLN UIK Sumbagsel dengan menggunakan FABA dari produksi listrik di 5 PLTU di Sumatera yaitu PLTU Bukit Asam, PLTU Tarahan, PLTU Sebalang, PLTU Teluk Sirih dan PLTU Ombilin.

Secara total program bedah rumah serentak ini memanfaatkan 11.150 buah batako hasil produksi UMKM PLTU setempat dan menghabiskan Rp. 260,5 jt, dana YBM PLN yang menyasar golongan fakir miskin di ring 1 PLTU.

Dalam sambutannya General Manager PLN UIK Sumbagsel Djoko Mulyono menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang pada momen menjelang Idul Fitri 1443 H dapat menyelesaikan program bedah rumah dari FABA sekaligus serah terima kunci dan berharap apa yang sudah dilakukan mampu memberikan manfaat khususnya kepada dhuafa yang rumahnya telah direnovasi.

Djoko juga mendorong kepada seluruh PLTU dilingkungan PLN UIK Sumbagsel untuk terus mengoptimalkan pemanfaatan FABA dengan berbagai program agar dampaknya lebih banyak dirasakan masyarakat dan daerah.

“Alhamdulillah mendekati Idul Fitri 1443 H di hari ke 25 Bulan Ramadhan PLN berhasil menyelesaikan program bedah rumah sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Setelah terbitnya PP Nomor 22 Tahun 2021 agar ke depan lebih massive lagi pemanfaatan FABA yang dilakukan seperti melalui program TJSL dan Lingkungan, sehingga apa yang kita lakukan dapat memberikan kehidupan yang lebih baik “ ujarnya.

Program bedah rumah tersebut merupakan inisiasi PLN untuk membantu meringankan beban sesama yang belum memiliki tempat tinggal yang layak huni. Selain mampu menghemat biaya hingga 40%, program ini juga memanfaatkan batako produksi UMKM setempat.

Manager UPK Bukit Asam Sangat mendukung setiap program yang menyangkut pemanfaatan FABA untuk menambah nilai ekonomi bagi warga dan sekitar.

“Kita bersyukur kepada ALLAH SWT atas kelancaran acara hari ini dan kami berterima kasih jg kepada stakeholder yang sudah mengawali hari ini, FABA akan kita subsitusikan sebagai pengganti pasir, kendala yang di alami adalah belum taunya masyarakat tentang FABA yang banyak manfaatnya,” imbuh Anjas.

Ceremoni serah terima kunci dilakukan serentak secara Daring dan Luring. Dengan melibatkan stakeholder, PLN terus menunjukan besarnya potensi pemanfaatan FABA dan melalui kolaborasi dengan YBM PLN, selain dapat memanfaatkan limbah Non B3, PLN juga meringankan beban dhuafa.

(Tnd)

 512 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *