Untuk Gaet Wisatawan, Ini Harapan Bupati Trenggalek Terkait Desa Wisata

Untuk Gaet Wisatawan, Ini Harapan Bupati Trenggalek Terkait Desa Wisata

indopers.net, Trenggalek (Jatim) – Harapan Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin untuk mensejahterakan masyarakat lewat pesona wisata, sungguh luar biasa. Ide kreatif dan inovasi dituntut agar wisatawan terus berdatangan di Bumi Menak Sopal.

Desa-desa wisata di Kabupaten Trenggalek yang dicetuskan tahun ini, dituntut untuk menampilkan sesuatu yang berbeda agar menarik pengunjung datang.

Perlu diketahui tahun ini, Pemkab Trenggalek kembali merintis 35 desa wisata untuk mencapai target 100 desa wisata hingga 2023.

Pada tahun sebelumnya, desa wisata dengan jumlah yang sama sudah dibentuk. Sebagian sukses, namun ada juga yang mati suri.

Untuk memaksimalkan desa wisata yang dibentuk tahun ini, pemkab mendorong masing-masing desa wisata untuk memiliki even khas.

“Minimal satu desa wisata punya even yang khas. Karena mengundang orang itu harus lewat even dulu,” kata Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, Jumat (9/9/2022).

Even itu, kata pria yang akrab disapa Mas Ipin tersebut, bisa berupa berbagai macam pertunjukan. Utamanya, pertunjukan yang mengandung kearifan lokal setempat.

Selain itu, ia juga berharap desa-desa wisata yang ada bisa memanfaatkan potensi alam di wilayahnya sebagai daya tarik.

“Jadi labelnya bisa ditambah geoside, geoheritage, kemudian ini jadi bagian dari geopark,” sambung dia.

Untuk mendukung itu, ia meminta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait agar mempersiapkan berbagai hal agar hasilnya lebih maksimal.

“Harapan saya ke depan, support anggaran maupun aktivitasnya lebih baik lagi,” imbuhnya.

Mas Ipin menegaskan, desa wisata merupakan salah satu program prioritas untuk menumbuhkan ekonomi setelah terkapar dampak pandemi Covid-19.

Sebanyak 100 desa wisata diharapkan bisa terbentuk dalam tiga tahun, mulai 2021.

Selain desa wisata, pemkab juga mengandalkan ekonomi kembali tumbuh dari sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Salah satu dorongannya, pemkab melatih dan mendampingi ribuan perempuan tiap tahun untuk membesarkan dan merintis usahanya.
(lgeng)

 122 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!