Menuju Kemakmuran Desa Pangkur Kabupaten Ngawi Adakan Pelatihan Padi Organik

Menuju Kemakmuran Desa Pangkur Kabupaten Ngawi Adakan Pelatihan Padi Organik

indopers.net, Ngawi (Jatim) – Berita padi organik atau pertanian ramah lingkungan yang berkelanjutan terus bergulir di Kabupaten Ngawi, Wacana pertanian padi organik juga menjadi prioritas program pemerintah Kabupaten Ngawi yang tercantum dalam visi-misi pemerintah daerah kab Ngawi.

Hal ini mendapat respon dari pemerintah desa Pangkur Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi. Pada tanggal 16 Juni 2022 Pemdes Pangkur mengadakan pelatihan pertanian padi organik dengan menggandeng P4S Organikmat dari Desa Ngompro Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi yang dikomandani oleh P Joko Purwanto mantan Kades Desa Ngompro.

Menurut Kepala Desa Pangkur P Suhardi Pelatihan Budidaya Padi Organik yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Pangkur bertujuan untuk merubah mindset atau cara petani, yang mana selama ini petani kita masih cenderung bergantung pada pertanian secara konvensional atau monoton dengan menggunakan pupuk dan pestisida kimia sintetis.

Kami berharap petani Pangkur kususnya mampu mempraktekkan hasil pelatihan pertanian organik setelah mendapat ilmu tentang bagaimana bertani secara baik dan benar dengan cara bertani atau menanam padi organik sehingga kemandirian produksi pertanian benar-benar terwujud dan menambah penghasilan yang layak serta ramah lingkungan, Tutur P Suhardi selaku Kepala.Desa Pangkur.

Program pelatihan pertanian atau padi organik di desa kami bertujuan mewujudkan visi dan misi pemerintah daerah Kabupaten Ngawi dengan jargon “Ngawi Organik”. Tambahnya.

Sementara itu, Harno selaku ketua GAPOKTAN Desa Pangkur mengatakan bahwa setelah mengikuti pelatihan pertanian padi organik ini kami semua baru menyadari bahwa selama bertani biaya produksinya sangat besar dan hasilnya selalu tidak menentu bahkan bisa dibilang rugi.

Sekarang saya optimis bahwa bertani yang ramah lingkungan atau organik bisa menekan biaya produksi karena petani bisa mandiri dan tidak ketergantungan lagi dengan pupuk dan Pestisida kimia sintetis. Yang jelas kalau dihitung pertanian padi organik sangat menguntungkan dan ramah lingkungan, ungkapnya.

(Rin)

 282 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *