Ratusan Warganya Ikuti Penyuluhan Program PTSL 2023, Ini Harapan Kepala Desa Tanggulkundung Tulungagung.

Ratusan Warganya Ikuti Penyuluhan Program PTSL 2023, Ini Harapan Kepala Desa Tanggulkundung Tulungagung.

indopers.net | Tulungagung (Jatim) – Ratusan warga masyarakat Desa Tanggulkundung Kecamatan Besuki sangat antusias dalam mengikuti penyuluhan program PTSL 2023.
Pelaksanaan kegiatan ini di Aula Kantor Desa Tanggulkundung.

PTSL adalah salah satu program pemerintah yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan sertifikat tanah. Sertifikat cukup penting bagi para pemilik tanah, tujuan PTSL adalah untuk menghindari sengketa serta perselisihan di kemudian hari PTSL singkatan dari Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap.

Sekretaris Desa Tanggulkundung, Suwono dalam pembukaan kegiatan menyampaikan, kegiatan penyuluhan ini adalah waktu yang tepat untuk warga bisa bertanya langsung kepada nara sumber ( ATR/BPN) terkait program PTSL yang akan dilaksanakan tahun ini.

Dalam waktu yang sama, Suyoto selaku Kepala Desa Tanggulkundung mempunyai harapan agar program ini bisa berjalan dengan lancar.
Suyoto menambahkan, banyak tanah milik warga yang saat ini berbatasan langsung dengan milik Instansi lain ( Perhutani, Jasa Tirta dan PLN), sehingga hal tersebut perlu pendampingan langsung agar data yang diserahkan kepada petugas nantinya tidak bermasalah.
Suyoto juga menyinggung terkait tanah warga yang akan dibagi atau yang mempunyai ahli waris.
Suyoto mewanti – wanti warganya, agar data yang diberikan kepada petugas sesuai fakta, agar tidak timbul masalah dikemudian hari.

Penyuluhan PTSL 2023, oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional melalui Kantor Pertanahan Kabupaten Tulungagung, dilaksanakan di Aula Kantor Desa Tanggulkundung Kecamatan Besuki, dengan dihadiri oleh ratusan masyarakat Desa Tanggulkundung.

Kegiatan ini dihadiri perwakilan BPN Kantor Pertanahan, Kejaksaan Negeri serta Polres Tulungagung .

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan dari Kejaksaan serta Kepolisian menyampaikan pesan kepada warga, bahwa program ini sangat membantu untuk setiap warga bisa memiliki sertipikat namun demikian, warga juga diingatkan, agar keterangan maupun bukti fisik yang nanti diserahkan kepada petugas betul- betul sesuai fakta agar kemudian hari tidak menimbulkan masalah hukum.

Dalam waktu yang sama, perwakilan dari ATR /BPN Tulungagung, Sukamto menyampaikan harapan agar pelaksanaan program ini kedepannya tidak bermasalah dengan hukum.
Sukamto mengingatkan agar semua peserta agar menanyakan apa saja yang dirasa kurang memahami kepada para petugas, sehingga pelaksanaan program ini bisa terlaksana dengan tidak ada yang dirugikan.

Dalam kegiatan tersebut juga menyampaikan banyak hal, mulai dari penjabaran PTSL hingga teknis pelaksanaan program tersebut sehingga masyarakat bisa memahami dan mengerti sehingga dalam pelaksanaanya nanti tidak ada kesalahan dan bisa berjalan lancar.
(lgeng)

 154 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *