Masyarakat Sangat Antusias Menyaksikan Parade Surabaya Juang yang Berlangsung Hari Ini

Masyarakat Sangat Antusias Menyaksikan Parade Surabaya Juang yang Berlangsung Hari Ini

indopers.net, Surabaya – Ribuan warga memenuhi setiap bahu-bahu jalan rute perjalanan rombongan peserta Parade Surabaya Juang, yang berlangsung pagi hari ini, Minggu (6/11/2022), di Jalan Pahlawan, Kota Surabaya, Jawa Timur

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya sebelumnya mengatakan pertunjukan itu digelar dalam rangka memperingati dan menghormati Hari Pahlawan yang setiap tahun diperingati tanggal 10 November.

Dalam gelaran hari ini, pihak panitia juga menampilkan drama kolosal perjuangan Arek-arek Suroboyo waktu melawan penjajah.

Banyak masyarakat terpukau dalam rangkaian parade yang selesai sekitar pukul 11.00 siang tadi. Di antara ribuan warga itu, ada Ngesti Tyas dan Ana Alfiatul mahasiswa baru universitas negeri di Surabaya. Mereka berdua berasal dari daerah yang sama, Tulungagung.

“Parade hari ini seperti diajak nostalgia ke masa-masa selepas penjajahan dulu,” ucap Ngesti.

“Ini parade yang seru. Paling seru tadi penampilan marching band,” timpal Ana.

Keduanya mengaku baru pertama kali melihat Parade Surabaya Juang. Mereka sepakat jika gelaran ini sangat menghibur masyarakat, terutama warga dari luar Kota Surabaya.

Sementara itu, Zaki dari Komunitas Begandring Soerabaia yang menjadi peserta dalam drama kolosal parade ini, merasa sangat bangga bisa ikut ambil bagian.

“Jadi, ceritanya perang melawan Tentara Sekutu, saya jadi pejuang asal Gubeng,” katanya sambil tertawa.

Untuk menjadi pemain drama kolosal, Zaki bersama kawan-kawannya harus berlatih selama dua bulan. Dia merasa senang dengan antusiasme masyarakat yang terhibur dengan parade itu.

Memperingati Hari Pahlawan, Zaki memetik pesan dari para pejuang tentang arti pengorbanan dalam mempertahankan kemerdekaan.

“Pahlawan itu yang harus dipersiapkan adalah pengorbanan. Kalian mau mengorbankan yang kalian punya atau enggak,” pesan Zaki kepada para pemuda.

(siman)

 163 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *