88 Desa di Kabupaten Lamongan Mendapat Tambahan Dana Desa

88 Desa di Kabupaten Lamongan Mendapat Tambahan Dana Desa

indopers.net | Lamongan (Jatim) – Sebanyak 88 desa di Lamongan Jawa Timur mendapatkan tambahan dana desa dari pemerintah pusat. Nilainya, Rp 12 miliar, yang dibagi secara merata untuk desa sebagai penghargaan atas kinerja.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa di Lamongan, M Zamroni, menjelaskan, dana dari pusat akan diserahkan ke rekening desa setelah desa menyelesaikan penyusunan PAPBDes. Penggunaannya, mendanai kegiatan sesuai prioritas desa. Yakni,  penanganan bencana alam maupun nonalam, terutama dampak El Nino seperti kekeringan, sulitnya air bersih, risiko penurunan produktivitas pertanian, dan wabah penyakit. 

Menurut dia, reward ini harus menjadi motivasi bagi desa lainnya dalam berbenah dan meningkatkan kualitas kerjanya. “Banyak hal yang menjadi dasar penilaian kementrian. Semua desa memiliki peluang dan kesempatan yang sama,” jelasnya. 

Tambahan dana desa berbeda dengan pagu DD 2023 yang sudah ditetapkan. Pagu tahun ini untuk Lamongan Rp 406 miliar. Dana yang sudah tersalurkan ke rekening kas desa sampai minggu lalu sekitar  Rp 383 miliar atau 94 persen. Sisanya disalurkan secepatnya agar desa bisa memanfaatkan sesuai dengan instruksi kementerian.

Zamroni mengatakan, dana desa peruntukannya sudah ditetapkan pusat. Salah satunya untuk pemulihan ekonomi masyarakat, ketahanan pangan, dan pemberian bantuan. Dana desa disalurkan tiga tahap bagi desa reguler. Yakni 40 persen, 40 persen, dan 20 persen.

Sedangkan bagi desa yang berstatus mandiri, penyalurannya dua tahap. “Ada 97 desa berstatus mandiri, semoga tahun depan jumlahnya bertambah,” harapnya. (jk)

 130 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!