Menjamin Keselamatan Jalan : Upaya Polres Muara Enim dan Pemerintah Daerah

Menjamin Keselamatan Jalan : Upaya Polres Muara Enim dan Pemerintah Daerah

indopers.net | Muara Enim (SUMSEL) – Kepolisian Resor Muara Enim bersama pemerintah Daerah Muara Enim baru-baru ini melakukan inspeksi di jalan layang Bantaian dengan fokus pada jalan alternatif di flyover bantaian yang menghubungkan dari arah Muara Enim ke prabumulih di Desa Panang Jaya Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (19/9/23).

Hadir dalam acara tersebut Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi, SH, SIK, MH, Kabag Ops Polres Muara Enim Kompol Toni Arman, SH, Kasat Lantas Polres Muara Enim AKP Suwandi, SH, Msi dan Kapolsek Gunung Megang AKP M. Firmansyah, SH , Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Dishub Kab. Muara Enim A. Junaini., S.IP, Dinas PUPR Kab. Muara Enim Agus Rahman., S.T, M.M dan Projec manager PT. RKSM Bpk. Yandi.

Tujuan dari inspeksi ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan keselamatan yang kritis dan memulai intervensi segera untuk meningkatkan keselamatan jalan raya berbagai upaya yang dilakukan oleh otoritas tersebut dan bagaimana dampaknya terhadap pengguna jalan di wilayah tersebut.

Dalam peninjauan jalan tersebut, Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi, SH, SIK, MH menghimbau agar tanah perbukitan yang menghalangi pandangan pengendara di tikungan kedua dari Muara Enim ditebang. Dengan memberikan pandangan yang tidak terhalang, pengemudi dapat mengantisipasi segala kemungkinan bahaya dan mengambil tindakan yang sesuai. Selain itu, Kapolres juga meminta adanya pelebaran jalan untuk meningkatkan visibilitas, khususnya pada jalur setelah tikungan kedua.

Dinas PUPR Kab. ME Agus rahman., S.T, M.M mengusulkan pembangunan drainase di sisi kanan dan kiri jalan. Hal ini akan memastikan bahwa air dialirkan secara efektif dari jalan selama musim hujan, mencegah meluapnya air dan arus balik yang mengakibatkan potensi bahaya dan kerusakan jalan. Selain itu, bahu jalan juga akan diperlebar untuk mencegah hambatan jalan dan kemungkinan terendam saat hujan deras.

Diskusi mengenai strategi pengendalian lalu lintas pun terjadi saat peninjauan jalan oleh Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Dishub Kab. Muara Enim A. Junaini., S.IP Mereka mengusulkan agar rambu lalu lintas sementara di jalan layang tersebut diganti dengan rambu yang lebih besar berukuran diameter 75 cm dan dibuat tahan lama. Rambu yang lebih besar ini memberikan visibilitas yang lebih baik dan dapat membantu menjamin keselamatan pengendara, terutama pada saat lalu lintas padat. (Tnd)

 123 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!