Cegah Karhutla Meluas, Babinsa Kodim 1015/Sampit, Berjibaku Padamkan Api

Cegah Karhutla Meluas, Babinsa Kodim 1015/Sampit, Berjibaku Padamkan Api

indopers.net | Seruyan (Kalteng) – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1015-11/Hanau, berjibaku melakukan pemadaman titik hotspot kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di kawasan Desa Pembuang Hulu II, Kec.Hanau, Kab.Seruyan, Jum’at (11/08).

Gerak cepat yang dilakukan Serda Zainullah bersama BPBD kab.Seruyan dan masyarakat peduli api tersebut sengaja dilakukan agar kobaran api yang membakar lahan tidak semakin meluas.

Komandan Kodim (Dandim) 1015/Sampit Letkol Inf Muhammad Tandri Subrata, S.A.P, M.Han mengatakan,” tindakan yang dilakukan Babinsa tersebut merupakan kewajiban anggota TNI dalam hal upaya membantu pemerintah daerah mengatasi Karhutla.

Seluruh anggota Kodim 1015/Sampit telah siap untuk membantu pemerintah dalam mencegah dan mengatasi Karhutla di musim kemarau,” Ucap Dandim 1015/Sampit.

Sebagai ujung tombak Kodim 1015/Sampit, Babinsa juga memiliki tugas dan tanggung jawab dalam mensosialisasikan bahaya Karhutla kepada masyarakat diseluruh wilayah teritorial masing-masing.

“Karena mayoritas masyarakat kita adalah petani, maka perlu adanya pendekatan dan sosialisasi agar mereka tidak membuka lahan dengan cara dibakar yang merupakan metode lama,” tutur Letkol Inf Muhammad Tandri Subrata, S.A.P, M.Han.

Tidak hanya itu, pera Babinsa juga sangat dibutuhkan dalam pemberian edukasi kepada masyarakat tentang ancaman hukum bagi pelaku yang sengaja membakar hutan dan lahan, sesuai UU PPLH Nomor 32 Tahun 2009 tentang Karhutla.

“Ancaman bagi pelaku pembakaran lahan adalah kurungan penjara maksimal 10 tahun dan denda hingga Rp10 miliar,” tegasnya.

Sementara itu, Dandim 1015/Sampit juga telah memerintahkan seluruh personil Babinsa untuk selalu ada di Posko yang telah dibentuk di setiap kecamatan guna penanganan yang lebih cepat jika ada terjadi Karhutla.

Kami mengimbau masyarakat untuk melakukan pendekatan secara intens bersama-sama, sehingga terbentuk jaring komunikasi dan informasi dengan Babinsa agar lahan dan hutan dapat terlindungi,” pungkasnya.

(U42k/Pendim 1015/Spt)

 144 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *