Menggali Konten Kreatif Multikultural Budaya di Tanjung Enim, PTBA Menggelar Sosialisasi Workshop Konten Kreatif

Menggali Konten Kreatif Multikultural Budaya di Tanjung Enim, PTBA Menggelar Sosialisasi Workshop Konten Kreatif

indopers.net | Muara Enim (SUMSEL) – Dalam rangka Workshop untuk menumbuhkan Konten Kreatif demi mewujudkan Tanjung Enim sebagai Tujuan Kota Wisata, PTBA Menggelar Sosialisasi Acara Enim Muda dengan Tema “Merawat Seni Budaya dan Sejarah dalam Konten Wisata”, untuk Menggali Konten Kreatif Multikultural Budaya di Tanjung Enim yang bertempat di GSG Lantai 4 Kantor Besar PTBA Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim, Sabtu (20/05/2023).

Kegiatan ini merupakan program dari bidang budaya dan kearifan lokal yang bertujuan untuk menstimulus tumbuh serta berkembangnya para penggiat sosial media untuk menyajikan konten yang kreatif potensi potensi yang ada di Tanjung Enim seperti, seni, budaya dan sejarah, jika digali lebih dalam maka prospek prospek potensi yang ada sangat kaya sama harganya dengan potensi batubara di Tanjung Enim, itulah alasan kegiatan ini mengangkat tema “Merawat Seni Budaya dan Sejarah Dalam Konten Wisata”.

Untuk itulah kegiatan ini dilaksanakan dengan mengulas bagaimana menggali ide potensi, serta mengeksekusi perencanaan pra produksi konten sehingga menghasilkan konten yang kreatif.

Sebagai komitmen untuk mewujudkan Tanjung Enim Tujuan Kota Wisata, PT Bukit Asam terus menerus lakukan sosialisasi untuk dikenalkan kepada masyarakat luas dengan menggelar Workshop Konten Kreatif.

Hari ini melalui Tim Kota Wisata Bukit Asam dengan menghadirkan tokoh budayawan dan Kreator Konten untuk menggali potensi daerah dan konten kreatif multikultural budaya lokal yang diikuti 150 peserta terdiri dari Guru, Pelajar, Jurnalis, Umum dan Penggiat Media Sosial.

Menurut Yuhendri Wisra selaku Korbid Budaya dan Kearifan Lokal Tim Tanjung Enim Kota Wisata mengatakan “Kita undang para tokoh budaya dan Kreator Konten dalam menciptakan inovasi inovasi baru untuk dikembangkan dalam menggali budaya lokal,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, ucapan terima kasih kepada narasumber dari Palembang Hidayatul Fikri yang akrab disapa Mang Dayat dan Juju, sedangkan narasumber dari Syafranuddin atau Papang Arfa seorang budayawan guna memberikan motivasi bagi peserta yang hadir dalam menyalurkan bakat dan kemampuan imajinasi yang dimiliki untuk ditampilkan.

Sementara Syafranuddin sebagai Budayawan dari Tanjung Enim menyampaikan, untuk mewujudkan Tanjung Enim Tujuan Kota Wisata, harus kreatif dengan tujuan dapat menciptakan inovasi sebagai cendramata bagi wisatawan yang akan dibawa ke daerahnya masing-masing.

“Dengan kreatifitas masyarakat dapat memberikan nilai tambah serta menciptakan tenaga kerja sebagai wirausaha,” tutur Papang Arfa.

Diharapkan dengan giat workshop ini, peserta dapat mengembangkan kreatifitas serta menggali budaya lokal dan menciptakan konten yang mendukung Kota Tujuan Wisata.

Kemudian disampaikan Hidayatul Fikri yang biasa disapa Mang Dayat sebagai Konten Kreatif, sangat apresiasi dengan PTBA telah mensponsori kegiatan ini, karena tidak banyak perusahaan yang mempunyai misi begitu jauh ke depan.

Mang Dayat mengatakan “PTBA telah memberikan peluang dan memberdayakan anak muda, dan telah support kegiatan ini, karena 60 % peserta usia dibawah 30 tahun, usia yang masih sangat produktif,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, bahwa PTBA cukup cerdas dengan menggaet anak muda “karena dengan digelar Workshop Konten Kreatif, ini merupakan peluang bisnis masa depan, dan juga akan menyerap lapangan pekerjaan,” jelas Mang Dayat.

Masyarakat juga harus sadar wisata dan harus well come dengan pendatang, juga harus peka terhadap peluang ini, yang dapat menghasilkan uang dengan menjajakan cendramata untuk dibawa mereka sebagai ole ole.

Apalagi saat melihat Museum Batubara yang sangat luar biasa “dengan arsitektur dan penataan sedemikian rupa, sehingga orang memasuki ruangan dan melihat didalam museum, seperti melihat aslinya dan bisa dijadikan sebagai edukasi,” terang Mang Dayat.

Kota Wisata tidak dapat dibangun secara instan, tapi berkesinambungan, berkolaborasi dengan konten kreatif “pada saat ini bukan jaman nya lagi untuk menawarkan produk dengan brosur, para pengusaha bisa menawarkan melalui konten kreatif yang merupakan peluang bisnis dimasa depan,” pungkasnya. (Tnd)

 268 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!