BERSIH DESA SEDEKAH BUMI DAN KIRAB BUDAYA PENTAS SENI DALAM RANGKA PERAYAAN HUT RI KE 77 DESA BANGSRI KEC. NGARIBOYO KAB. MAGETAN.

BERSIH DESA SEDEKAH BUMI DAN KIRAB BUDAYA PENTAS SENI DALAM RANGKA PERAYAAN HUT RI KE 77 DESA BANGSRI KEC. NGARIBOYO KAB. MAGETAN.

indopers.net, Magetan (Jatim) – Desa Bangsri merupakan suatu wilayah yang berada di kecamatan Ngariboyo kabupaten Magetan yang sebelahan dengan desa Nitik kec Plaosan dan selopanggung juga wilayah Ngariboyo.

Pelaksanaan bersih desa ini baru bisa terwujud di tahun ini di karenakan dua tahun yang lalu tidak bisa melaksanakan kegiatan ini di karenakan seluruh bangsa Indonesia mendapat sebuah musibah berupa penyakit yang membahayakan dan bisa merusak perekonomian.Rasa wujud syukur yang luar biasa kepala desa Bangsri Sunarto beserta seluruh rakyat warga desa Bangsri terhadap Allah SWT bahwa wabah tersebut sudah mereda dan pada tahun tepatnya dengan tahun baru Islam 1444 Hijriyah juga dengan peringatan hari kemerdekaan republik Indonesia yang ke 77 ini dan dengan di dukung seluruh elemen warga masyarakat desa Bangsri maka bersih desa kali ini baru bisa di laksanakan tepat nya pada hari Minggu 21 Agustus 2022 tepat pukul 14:00 wib atau jam dua siang kirap budaya ini bisa langsung terselenggara dengan berbagai macam seni juga pakaian budaya serta pakaian orang desa yang lembut serta indah di pandang mata.

Barisan pawai di awali dengan pakaian seragam Punokawan yang menggambarkan ssk Semar,Gareng,Petruk dan Bagong yang merupakan kaum miskin namun beliau orang yang sederhana serta Semar sendiri juga merupakan seorang dewa yang mempunyai saudara yang pertama Togok Semar dan betara guru namun ketiganya hidup terpisah betoro guru hidup di kayangan sedangkan semar dan Togok hidup di daratan.deretan ke dua yaitu kereta kuda yang di naiki kepala desa beserta istri juga di belakang ada dua tumpeng raksasa yaitu bulurahayu dan tumpeng hasil bumi berupa polowijo yang menggambar betapa maha kayanya sang pencipta memberikan berupa hasil bumi yang melimpah sedang dengan di adakan Kanya sedekah bumi ini meminta kepada Allah SWT agar seluruh bangsa Indonesia ini serta khusus nya warga Bangsri ini terhindar dari malapetaka,dan di beri lah kesehatan keselamatan,umur panjang serta kesehatan dan Rizky yang melipah berkat ridho Allah SWT.

Dan di teruskan barisan berupa kuda yang di naiki bapak camat,Kapolsek,Koramil setempat serta barisan di belakang nya ada ibu ibu berpakaian ala orang pedesaan yang membawa hasil bumi dan juga seni bela diri juga barisan gagrak merak dan reog yang di panggul berjajar begitu rapi,start di depan rumah kepala desa dan finish di lapangan Bangsri tempat untuk memberikan tontonan bagi masyarakat yang melihat seni tari reog Ponorogo,tari gagrak merak dan Pucang ganong serta tarian yang lainya dan di tonton begitu banyak warga serta dari porpinca pun ikut hadir menyaksikan acara tersebut.

Kepala desa juga memberikan sambutan nya agar warganya tetap menerapkan protokol kesehatan walaupun covid 19 sudah mereda dan juga memberikan saran agar semua warganya tidak boleh bermain judi yang bisa mereshkan masyarakat juga ekonomi keluarga nya masing masing.

Atraksi pertama akan berakhir pada jam 5 sore dan antraksi seni reog akan di lanjutkan yang ke dua nanti pada jam setengah delapan malam slesai ibadah sholat Isyak,dengan demikian slesai sudah rangkaian acara bersih desa,Desa Bangsri pada tahun ini tahun 2022.

(beni.btt.mgt)

 255 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!