Bazaar Sehat PIJP Peringati HPN 2020 Di Kabupaten Pamekasan

Bazaar Sehat PIJP Peringati HPN  2020 Di Kabupaten Pamekasan

indopers.net, Pamekasan (Madura) – Pada hari kamis 24 Februari 2022
Kesuksesan kegiatan Bazaar Sehat bersama Jurnalis Gawe Paguyuban Insan Jurnalis Pamekasan atau PIJP pada peringatan hari Pers nasional HPN tahun 2022 diapresiasi banyak kalangan d kabupaten Pamekasan Jawa timur.

Salah satunya dari kalangan pimpinan DPRD Pamekasan dan jajaran Forkopimda serta kolega setempat yang hadir, pada acara yang mengundang 200 warga Bumi Gerbang Salam dan digelar dengan prokes ketat.

Menurut Ismail Ketua Komisi 3 DPRD Pamekasan, kegiatan ini sangat luar biasa dan bisa bermanfaat membantu banyak masyarakat Bumi Gerbang Salam. Apalagi dikemas dengan berbagai stand layanan masyarakat.

Diantaranya, santunan lansia duafa dan yatim, vaksinasi berhadiah, donor darah dan sunatan massal.

“Saya kira ke depan juga tetap perlu dijaga dan dilakukan artinya setiap hari pers misalnya untuk terus dilaksanakan. Karena ini saya kira bermanfaat ini masyarakat dan mengapresiasi,” ungkapnya kepada media.

Kedepannya, jajaran DPRD Pamekasan tetap mendukung sebagai bentuk partisipasi publik dan pengabdian dari PIJP. Semua tentu dilakukan untuk kepentingan masyarakat.

“Jadi Kami pasti mendukung untuk setiap kegiatan lainnya yang dilakukan PIJP untuk masyarakat,” tukasnya Kamis pagi.

Disisi lain kehadiran insan pers di Kabupaten Pamekasan sebagai salah satu pilar demokrasi harus menjadi faktor penyeimbang. Ismail juga tegaskan sosok jurnalis sangat dekat dengan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Yakni antara demokrasi dan pers, sehingga jika orang diminta memilih negara dan pers maka yang dipilih adalah pers. Itu karena dengan dengan adanya Pers maka masyarakat menjadi tahu dan publik bisa diedukasi,” tegasnya.

Jadi dari berbagai peran aktif media melalui karya jurnalistik dan peran nyata kemasyarakatan ini, pihaknya mengapresiasi. Bahkan sekali lagi berharap bisa dilaksanakan secara rutin sebab begitu sangat besar sekali manfaatnya untuk masyarakat.

Tak luput sebanyak ratusan Duafa dan anak Yatim Disantuni PIJP, serta Pemkab Pamekasan Dukung Penuh Selanjutnya

Terpantau sebanyak 50 lansia duafa dan 50 anak yatim dari beberapa Pelosok di Kabupaten Pamekasan Jawa timur mendapat santunan dan sembako dari paguyuban Insan jurnalis Pamekasan atau PJIP.

Itu dalam kegiatan bazar sehat bersama jurnalis untuk memeriahkan Hari Pers Nasional atau HPN tahun 2020.

Oleh karena itu nampak banyak wajah-wajah ceria yang membawa suasa hangat, tampak dalam kegiatan besar yang bertempat di Gedung Pemuda Jalan Kabupaten Kecamatan Pamekasan kota pada Kamis pagi.

Tak ayal disemua sesi kegiatan dan stand nampak dipadati oleh masyarakatyang berkunjung, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Terlihat, panitia juga telah menyiapkan ratusan masker dan vitamin bagi warga yang hadir. Bahkan dalam acara semua berposisi dengan jaga jarak sebagaimana yang dianjurkan oleh pemerintah.

Jika di setiap sesi kegiatan layanan kesehatan yang disiapkan sangat diminati oleh warag dengan antusias. Ini mulai dari kegiatan di stand donor darah massal, stand vaksinasi berhadiah, stand cek kesehatan gratis dan khitanan gratis.

Semua tercatat ada sebanyak puluhan anak dan masyarakat umum yang terlihat mengikuti vaksinasi gratis. Juga mengantarkan buah hatinya turut sunatan massal yang dilakukan oleh tim PSBB dan vaksinator dari Dinkes yang diwakili Puskesmas Kowel Kabupaten Pamekasan.

Wahyudi ketua pelaksana Basaar Sehat PIJP mengatakan hal ini merupakan ikhtiar bersama dalam membangun dan mendukung peningkatan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat Bumi Gerbang Salam. Sebagai unsur masyarakat dan jurnalis tentu ada tugas sosial kemasyarakatan yang juga ada dipundak para awak media.

“Media harus bisa memberikan manfaat bagi masyarakat baik melalui karya jurnalistik maupun melakukan aksi sosial. Semua dalam kerangka fungsi pencerahan, pendidikan dan wadah informasi,” tukasnya, Kamis siang.

Sementara itu, menurut Bupati Baddrut Tamam yang diwakili Plh. Sekdakab, Bambang Edy Suprapto mengatakan apresiasi dan kebanggaan tersendiri bagi PIJP. Ditengah kesibukan dalam menjalankan tugas jurnalistik, bisa memberikan manfaat nyata pada masyarakat melalui acara sehari sehat bersama PIJP.

“Kami akan terus dukung kegiatan serupa kedepan sebab sangat bermanfaat untuk umat. Mulai dari santunan yatim dan duafa hingga aksi Donor darah dan vaksinasi yang sedang didorong terus oleh pemerintah kabupaten Pamekasan,” ujarnya pada media.

Bahkan, nampak Panitia juga melibatkan rasa kepedulian sosial dari pihak swasta juga agar terlibat. Yakni dari XL tema yang secara sukarela menyiapkan ratusan paket kuota gratis yang dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat. Terutama kepada para pengunjung hanya dengan menunjukkan kartu keluarga sebagai bukti diri dan langsung melakukan registrasi untuk mengaktivasi kartu tersebut.

“Sebab ini dinilai sangat dibutuhkan oleh segenap masyarakat khususnya kaum pelajar dalam memenuhi kebutuhan pendidikan daring yang masih berlanjut, selama masa pandemi,” tukas Wahyudi yang juga Ketua PIJP.

Selain itu, pihak lainnya dilibatkan disamping OPD terkait seperti lembaga Sosial yang juga telah membaktikan dirinya melalui kegiatan tersebut. Diantaranya Cahaya Umat dengan menyediakan layanan check kesehatan gratis serta layanan lanjutan yang bisa dilakukan oleh para pengunjung di klinik Cahaya Umat meski di luar jam layanan bazar sehat jurnalis tersebut nantinya.

Dan pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022, Kerua Umum Paguyuban Insan Jurnalis Pamekasan Sujak Lukman menyampaikan pada hari kamis 24/2/2022.

Insan pers berperan signifikan sebagai lokomotif dan inspirasi lompatan-lompatan kemajuan daerah dan bangsa.

Pers menjadi simpul perubahan di semua sektor kehidupan, menjadikan bangsa dan negara percaya diri untuk mewujudkan Indonesia Maju.

insan pers yang terus bekerja dan membangun optimisme masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang melanda .

Kebebasan pers menjadi salah satu pilar penting kemajuan bangsa.

Sujak Meminta insan pers terus menata industri pers nasional, sehingga akan menciptakan iklim kompetisi yang lebih seimbang.

Media harus ditata dan diatur agar semakin baik tata kelolanya, sehingga dapat mewujudkan kedaulatan informasi.

Secepatnya bentuk regulasi yang diinginkan untuk meningkatkan nilai tambah industri pers nasional.

Mendorong pers sebagai insan jurnlis segera melakukan transformasi agar siap menghadapi tekanan dan tantangan berat akibat pandemi Covid-19 dan disrupsi digital.

Mempercepat transformasi digital media-media arus utama (mainstream) agar makin inovatif meningkatkan teknologi guna mengakselerasi pertumbuhan yang sehat di tengah munculnya sumber-sumber informasi alternatif yang semata-mata mengejar jumlah klik, kerap menimbulkan kebingungan, bahkan perpecahan.

Pers mempunyai tugas besar untuk menyukseskan agenda penting negara, salah satunya adalah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 tahun ini, dimana Indonesia menjadi Presidensi G-20 tegas sujak.(sjk)

Beberapa anak yang sudah di khitan gratis dan diberikan bingkisan sembako dan santunan dikawal oleh panitia pelaksana paguyuban Insan jurnalis Pamekasan. (Muhklis)

 679 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *