Kodim 0822 Bondowoso Bagikan 200 Jamban Bagi Warga Kurang Mampu

Kodim 0822 Bondowoso Bagikan 200 Jamban Bagi Warga Kurang Mampu

indopers.net, Bondowoso (Jatim)

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan cerminan pola hidup keluarga yang senantiasa memperhatikan dan menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga. Mencegah lebih baik daripada mengobati, prinsip kesehatan inilah yang menjadi dasar pelaksanaan Program PHBS. PHBS dapat dilakukan di rumah tangga, di tempat umum, di sekolah. Dalam hal ini yang akan dibahas adalah PHBS dalam lingkungan rumah tangga yang berkaitan dengan penggunaan jamban sehat.

Komandan Kodim 0822/Bondowoso Letkol Kav Widi Widayat, ST., yang diwakili oleh Pasiter Kapten Arm Yonaidi Desianto membagikan 200 jamban kepada warga yang kurang mampu, Selasa (11/01/2021).
Dalam keterangan Pasiter Kodim 0822 mengatakan, “Kegiatan tersebut sesuai dengan program yang dicanangkan Mabes TNI AD.
“Di Indonesia, warga yang tidak punya jamban mencapai 25 persen dari total penduduk. Artinya, 80 juta penduduk Indonesia masih belum punya jamban,” katanya.

Saat ini memang masih menjadi masalah serius di banyak negara berkembang, seperti Indonesia. Masih tingginya angka buang air besar pada sebarang tempat atau open defecation, menjadi salah satu indikator rendahnya akses ini. Termasuk dalam pengertian ini meliputi jenis pemakaian atau penggunaan tempat buang air besar, jenis kloset yang digunakan dan jenis tempat pembuangan akhir tinja. Adapun dampak buruk dari BAB pada sembarang tempat adalah penularan penyakit, mengingat adanya transmisi penyakit dari tinja.

Padahal, lanjut dia, organisasi kesehatan internasional World Health Organization (WHO) merekomendasikan pembangunan sanitasi berupa jamban agar pencapaian masyarakat sehat bisa terwujud. “Gerakan sejuta jamban bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat yang kurang mampu. Gerakan ini juga menjadi satu program di bidang Bhakti TNI kepada warga,” imbuhnya.

( Rudy )

 301 total views,  1 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!