Ratusan Kades dan Perangkat Desa Se-Kabupaten Situbondo Gelar Aksi Protes Perpres 104 TA. 2021

Ratusan Kades dan Perangkat Desa Se-Kabupaten Situbondo Gelar Aksi Protes Perpres 104 TA. 2021

indopers.net, Situbondo (Jatim)

Ratusan kepala desa beserta perangkatnya yang tergabung dalam Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Situbondo gelar aksi demo damai depan Kantor Pemkab dan DPRD, yaitu untuk menggugat, menolak dan menuntut revisi Perpres Nomor 104 Tahun 2021 agar dikembalikan menjadi kewenangan desa sesuai amanat UU Desa Nomor 6 Tahun 2014, Rabu (15/12/2021).

H. Juharto selaku Ketua DPC Apdesi Situbondo mengatakan aksi damai tersebut dilakukan sebagai bentuk tuntutan terhadap aturan Perpres Nomor 104 tahun 2021 agar direvisi. Karena isi peraturan tersebut telah menentukan empat poin penggunaan anggaran Dana Desa tahun anggaran 2022. Diantaranya, poin pertama mengatur minimal 40 persen untuk BLT DD, poin kedua paling sedikit 20 persen dialokasikan untuk program ketahanan pangan dan hewani, kemudian poin ketiga minimal 8 persen untuk dukungan bantuan pendanaan penanganan Covid-19. Lalu terakhir poin keempat, pemerintah desa hanya mengelolah sebesar 32 persen dari sisa anggaran yang ada.

“Kami ingin bahasa minimal diaturan Perpres tersebut agar direvisi menjadi maksimal, sebab penggunaan dana desa supaya dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada dilapangan. Tak hanya itu, adanya aturan tersebut mengakibatkan RKPDes tahun 2022 yang sudah disusun melalui Musdus, Musdes akhirnya dirombak lagi,” ucapnya.

Lebih lanjut, H. Juharto yang sekaligus menjabat sebagai Kades Banyuputih tersebut, menambahkan bahwa dari hasil audiensi yang dilakukan antara perwakilan DPC Apdesi Situbondo bersama pemerintah daerah dan DPRD, akhirnya semua aspirasi yang disampaikan mendapatkan tanggapan baik.

( Rudy )

 512 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!