Pondok MA Kebaran, Babinsa Tegalsari Banyuwangi Bantu Padamkan Si Jago Merah

Pondok MA Kebaran, Babinsa Tegalsari Banyuwangi Bantu Padamkan Si Jago Merah

indopers.net, Banyuwangi

Sore (05-10-2021) tepat pukul 16.30 Wib telah terjadi kebakaran di Pondok Madrasah Aliyah Krasak bertempat di jalan KJ. Abdul Majid No. 09 Dusun Krasak RT 002 RW 001 Desa Tegalsari.

Supeno Keamanan Madrasah Aliyah yang melihat api menyala membakar ruangan Kelas MA Ponpes Mambaul Huda disertai bunyi ledakan yang disebabkan oleh konsleting instalasi listrik, kemudian saksi meminta tolong dan menghubungi Babinsa Posramil 0825/23 Sertu Agus Ali Mustofa.

Mendengar laporan tersebut Sertu Agus Ali Babinsa langsung tiba di lokasi kejadian, bersama santri dan masyarakat membantu memadamkan api dengan alat seadanya.

Setelah mendapat laporan dari Babinsa lima unit Damkar telah tiba di lokasi kejadian untuk memadamkan api.

Dalam kegiatan tersebut Babinsa bergotong-royong membantu Damkar untuk mengevakuasi barang-barang yang masih bisa diselamatkan, membersihkan sisa-sisa puing kebakaran serta melakukan pendataan kerugian yang dialami lebaran tersebut.

Adapun langkah-langkah Babinsa dalam kejadian kebakaran tersebut yaitu berkordinasi dengan Babinkatibmas, Kades dan Pemilik Ponpes untuk membantu memadamkan api. Babinsa bersama masyarakat memadamkan api dengan alat seadanya. Tiga pilar Tegalsari menghubungi Damkar. Tiga pilar Tegalsari melaksanakan pendataan serta melaporkan ke Pimpinan atas.

Danpos Ramil 0825/23 Pelda Mujiono menyampaikan kerugian personil dalam kejadian tersebut yakni nihil dan untuk kerugian materil seperti gudang berkas terbakar, Tiga (3) Ruang kelas terbakar Ruang seragam (2 kamar) terbakar, Kamar mandi kantor terbakar, Ruang TU terbakar dan jumlah keseluruhan total kerugian ditafsir Rp. 50.000.000

Ditempat terpisah Dandim 0825/Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto S.I.P., M.I. Pol. mengatakan apabila ada kejadian atau musibah saya himbau kepada masyarakat untuk lapor kepada Babinsa, nantinya Babinsa berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran guna mencegah terjadinya konsleting instalasi listrik,”ujarnya

Guna mencegah konsleting instalasi listrik jangan mengotak-atik atau menyambung langsung (bypass) peralatan pengaman, baik sekring maupun Mini Circuit Breaker (MCB). Jangan menumpuk steker atau colokan listrik secara berlebihan. Jangan biarkan tusuk kontak peralatan, seperti TV, menetap pada stop kontak dalam waktu yang lama. Hindari menggunakan tusuk kontak terlalu longgar. Gunakan peralatan listrik yang berkualitas, berlambang SNI atau LMK. Untuk pemasangan baru atau menambah instalasi listrik di rumah atau bangunan, serahkan pada instalatir resmi dan periksa instalasi listrik bangunan secara berkala. Pemeriksaan dapat dilakukan kurang,”ucapnya

( Rudy )

 214 total views,  2 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!