Sambut Hari Pahlawan, Pemkot Gelar Parade Surabaya Juang hingga Istighosah

Sambut Hari Pahlawan, Pemkot Gelar Parade Surabaya Juang hingga Istighosah

indopers.net, Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengadakan serangkaian kegiatan menyambut momen Hari Pahlawan pada 10 November 2022 mendatang. Nantinya, serangkaian kegiatan akan start mulai hari Minggu (6/11/2022), sampai dengan Kamis (10/11/2022).

Muhammad Fikser Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kota Surabaya mengatakan, pada tanggal 6 November, akan dilaksanakan Parade Surabaya Juang dengan start dari Jalan Pahlawan Surabaya, melewati Jalan Majapahit dan finish di Balai Kota.

Parade tersebut akan melibatkan berbagai komunitas, mulai dari pecinta sejarah, sepeda dan mobil kuno, bahkan beragam etnis yang tinggal di Kota Pahlawan akan ikut memeriahkan.

“Start kira-kira pukul 07.30 WIB. Nanti ada atraksi peragaan peperangan ‘Sepuluh November’ berupa teaterikal juga di beberapa titik parade, baca puisi, kemudian drum band dari TNI AL yang juga kita gandeng untuk memeriahkan parade juangnya,” ujar Fikser.

Fikser mengatakan, Parade Surabaya Juang itu juga dibuka pendaftarannya bagi masyarakat yang ingin ikut serta dalam pelaksanaannya.

“Untuk informasi daftarnya bisa di akun ‘Bangga Surabaya’. Masyarakat dipersilakan ikut serta partisipasi pakai baju pahlawan, tapi tidak boleh pakai baju loreng-loreng (Tentara),” ungkapnya.

Selain Parade Surabaya Juang, serangkaian kegiatan lain untuk menyambut hari pahlawan yaitu kegiatan tabur bunga pada Rabu (9/11/2022). Tabur bunga dilakukan di empat titik Taman Makam Pahlawan (TMP), yakni TMP di Jalan Mayjend Sungkono, Jalan Kusuma Bangsa, Makam WR Soepratman, hingga Makam Bung Tomo.

Sementara pada hari Kamis (10/11/2022), akan dilaksanakan dua agenda berbeda, yakni Upacara Bendera pada pagi hari di Taman Surya Balai Kota. Kemudian, dilanjutkan dengan Istigosah bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf pada Kamis malam di Tugu Pahlawan Surabaya.

Upacara peringatan, kata Fikser, juga bisa diikuti seluruh warga Kota Surabaya dengan syarat harus menggunakan baju pahlawan.”Kuota masih kami atur, tapi kurang lebih seperti upacara sebelumnya, yakni sekitar 600-an. Ada atraksi drama kolosal kepahlawanan lagi setelah upacara,” lanjutnya.

Sementara itu, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya sebelumnya mengatakan ada kejutan di setiap rangkaian kegiatan menyambut Hari Pahlawan tersebut. Untuk itu, masyarakat diharapkan berbondong-bondong mengikuti serangkaian acara yang sudah disiapkan.

“Kemasannya tahun ini beda dari tahun lalu. Ada kejutan di setiap acaranya seperti kemarin ‘Karnaval nang Tunjungan’ tiba-tiba ada artis yang mengibur warga, padahal tidak ada di agenda. Semoga masyarakat Surabaya antusias juga,” ucapnya. (siman)

 216 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *