Semangat Mahasiswa UIM Dalam Upaya Digitalisasi Tanah Kas Desa Durbuk Pamekasan

Semangat Mahasiswa UIM Dalam Upaya Digitalisasi Tanah Kas Desa Durbuk Pamekasan

indopers.net, Pamekasan (Madura) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Islam Madura (UIM) Prodi Sistem Informasi Posko 9 melanjutkan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Durbuk Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan

Pada minggu ketiga ini mahasiswa survey melakukan dan melengkapi terhadap data titik koordinat untuk pemetaan tanah kas desa.

Bersama dengan perangkat desa, para mahasiswa langsung menuju lokasi tanah kas desa yang tersebar di beberapa dusun di Desa Durbuk.

Desa yang luasnya 270.850 m2 tersebut, Sebagian besar merupakan tanah pertanian. Oleh karena itu, mayoritas pekerjaan penduduk di Desa Durbuk merupakan petani dan peternak.

Setelah melakukan pemetaan, selanjutnya mahasiswa akan mengolah data tersebut dengan memanfaatkan aplikasi google earth dan QGIS. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan posisi, batas tanah kas desa dan lainnya yang selanjutnya disimpan dalam bentuk digitalisasi.

Para mahasiswa terus semangat dalam melaksanakan kegiatan ini yang terus dikoordinasikan dengan dosen pembimbing lapangan. Harapannya, digitalisasi tersebut akan memberikan jaminan data dan keberadaan tanah kas desa yang merupakan aset desa.

Tidak hanya itu pada hari minggu tanggal 28 Agustus 2022, mahasiswa KKNT juga ikut berpartisipasi dan berbaur dengan masyarakat untuk memeriahkan acara Jalan Jalan Sehat (JJS) yang diselenggarakan oleh Kepala Desa Durbuk, Bapak Mohammad Baidawi.

Mohammad Baidawi berkata bahwa dengan diselenggarakan JJS ini bertujuan untuk sarana mempererat silaturahmi, menyehatkan warga, dan meningkatkan perekonomian dengan adanya warga yang berjualan. Selain itu, juga dapat menjadi sarana menyampaikan update program desa termasuk adanya pengabdian masyarakat dari UIM.

(Man/ mukhis)

 108 total views,  2 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *