PJ Bupati Ajak Seluruh OPD dan Stakeholder Untuk Ikut Serta Menurunkan Angka Stunting di Kabupaten Dairi.

PJ Bupati Ajak Seluruh OPD dan Stakeholder Untuk Ikut Serta Menurunkan Angka Stunting di Kabupaten Dairi.

indopers.net | Dairi (Sumut) – Stunting merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar yang ditetapkan oleh Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang Kesehatan.

Demikian disampaikan Analisis Gizi Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Aci Debby Oktori Hasibuan dalam Rembuk Stunting Kabupaten Dairi 2024, Kamis (2/5/2024), bertempat di Aula SMK Negeri 1 Sidikalang.

Disampaikannya, yang menjadi sasaran prioritas kegiatan stunting adalah keluarga yang memiliki anggota keluarga remaja s/d balita serta memiliki anggota keluarga mengalami masalah gizi dan stunting.

“Stunting dapat disebabkan oleh tiga faktor yaitu pengasuhan yang kurang baik, kurangnya akses terhadap air bersih dan sanitasi, serta kurangnya akses terhadap makanan bergizi,” ucapnya.

Pengasuhan yang kurang baik, kata Aci, meliputi kurangnya pengetahuan ibu mengenai kesehatan gizi sebelum dan pada masa kehamilan, serta melahirkan. Pengasuhan yang kurang baik juga disebabkan karena terbatasnya layanan kesehatan untuk ibu selama masa kehamilan, serta hampir 60% anak usia 0-6 bulan tidak mendapat ASI eksklusif.

“Kemudian kurangnya akses masyarakat terhadap air bersih dan sanitasi didukung oleh data yang mencatat bahwa 1 dari 5 rumah tangga di Indonesia masih buang air besar di ruang terbuka serta 1 dari 3 rumah tangga belum memiliki akses terhadap air bersih,” tuturnya.

Sementara itu, penyebab kurangnya akses terhadap makanan bergizi disebabkan karena makanan bergizi di Indonesia masih tergolong mahal.

Pada kesempatan yang sama, Pj. Bupati Dairi Surung Charles Lamhot Bantjin juga mengajak seluruh OPD Pemkab Dairi dan stakeholder Pemkab Dairi untuk ikut serta dan bersama-sama menurunkan angka stunting di Kabupaten Dairi.

Menurut Surung, upaya pencegahan dan penanggulangan stunting merupakan suatu hal yang penting yang harus dilaksanakan bersama karena merupakan bagian dari upaya membangun kualitas sumber daya masyarakat serta menjadi salah satu prioritas kegiatan yang termuat dalam rencana aksi nasional percepatan penurunan stunting adalah pelaksanaan pendampingan keluarga berisiko stunting, pendampingan semua calon pengantin/calon pasangan usia subur (pus) dan surveilans keluarga berisiko stunting.

“Pada kesempatan ini saya menegaskan kepada tim percepatan penurunan stunting Kabupaten Dairi untuk lebih serius melaksanakan program intervensi sensitiv dan intervensi spesifik untuk membuat rencana kerja serta rencana aksi yang lebih cepat, terukur, efektif dan tepat sasaran,” ucapnya. (IP/AP)

 32 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!