Syahrul Yasin Limpo Hari Ini Kembali Dipanggil KPK Sebagai Saksi Kasus Korupsi di Kementan

Syahrul Yasin Limpo Hari Ini Kembali Dipanggil KPK Sebagai Saksi Kasus Korupsi di Kementan

indopers.net | Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hari ini, Rabu (11/10/2023), mengagendakan pemeriksaan Syahrul Yasin Limpo bekas Menteri Pertanian (Mentan), di Gedung Merah Putih, Kantor KPK, Jakarta Selatan.

Ali Fikri Kepala Bagian Pemberitaan KPK mengatakan, Syahrul akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan).

Menurut Ali, Tim Penyidik KPK perlu melakukan pemeriksaan untuk melengkapi alat bukti dalam berkas penyidikan tersangka lain.

“Pemanggilan yang bersangkutan dalam kapasitas sebagai saksi tentu sebagai bagian dari kebutuhan melengkapi alat bukti dalam berkas perkara penyidikan tersangka lain,” ujarnya di Jakarta.

Dia berharap, Syahrul yang tercatat sebagai politikus Partai NasDem membuktikan pernyataannya beberapa waktu lalu untuk bersikap kooperatif dalam menjalani proses hukum.

“Kami harap yang bersangkutan dapat hadir sesuai dengan komitmennya yang akan selalu kooperatif mengikuti seluruh proses penyelesaian perkara dimaksud,” imbuh Ali.

Sebelumnya, tanggal 14 Juni 2023, Asep Guntur Rahayu Plt. Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK mengumumkan mulainya penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi di lingkungan Kementan.

Terkait itu, KPK sudah meminta keterangan sejumlah orang sebagai saksi, termasuk Syahrul Yasin Limpo.

Usai memberikan keterangan sebagai saksi, Senin (19/6/2023), Syahrul mengatakan tidak mengetahui kasus yang tengah diusut KPK.

Beberapa bulan kemudian sesudah ramai kabar dirinya berstatus tersangka, hari Kamis (5/10/2023), Syahrul Yasin Limpo mundur dari posisi Menteri Pertanian.

Informasi yang beredar di kalangan pewarta, KPK menemukan tiga klaster dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian.

Klaster pertama yang sudah naik tahap penyidikan adalah dugaan korupsi penempatan pegawai.

Tapi, sampai sekarang KPK belum mengumumkan detail kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian, dan nama-nama tersangkanya.(udn)

 144 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *