Nugal Tradisi Unik Menanam Padi di Kalimantan Barat!! Satgas Pamtas Ri – Malaysia Yonarmed 10/ Bradjamusti Bantu Warga Tanam Padi di Perbatasan

Nugal Tradisi Unik Menanam Padi di Kalimantan Barat!! Satgas Pamtas Ri – Malaysia Yonarmed 10/ Bradjamusti Bantu Warga Tanam Padi di Perbatasan

indopers.net | Kapuas Hulu (Kalbar) – Banyak tradisi yang dimiliki oleh Indonesia. Bahkan tidak sedikit pula tradisi tersebut yang tergolong unik. Salah satunya seperti tradisi nugal di Kalimantan Barat. Nugal berarti menanam Padi, yang merupakan tradisi turun temurun suku dayak.

Dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat dan menghormati Adat istiadat desa binaannya personel Satgas Pamtas Ri – Malaysia Yonarmed 10/ Bradjamusti Pos Seriang membantu warga sekitar menanam padi ( Nugal ) yang bertempat di Ladang masyarakat desa Seriang, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Ri – Malaysia Yonarmed 10/ Bradjamusti Mayor Arm Ady Kurniawan, M.Han. dalam rilis tertulisnya di Makotis Badau, Selasa (05/09/2023).

“Sebagai bentuk kebersamaan dan juga kepedulian satgas terhadap ketahanan pangan masyarakat di perbatasan kita membantu warga dalam hal bercocok tanam, salah satunya adalah menanan padi yang disebut dengan ‘Nugal’ yang dilaksanakan di lahan perkebunan milik warga di Desa Seriang.” Ujar Dansatgas.

Nugal merupakan tradisi turun temurun suku Dayak tersebut, dilakukan setelah beberapa hari lahan telah selesai dibersihkan dengan cara dibakar.
Abu dari hasil pembakaran tersebut tidak dibuang, melainkan dijadikan sebagai pupuk alami yang dipercaya untuk menyuburkan dan menjaga keseimbangan keasaman tanah.

Sementara itu Danpos Seriang Serka Azis menjelaskan bahwa Masyarakat adat di Desa Seriang masih mempertahankan cara menanam padi disebut nugal sebagai warisan turun temurun dari leluhur.

“Kebersamaan dan semangat gotong royong yang terjalin pada saat menugal padi itu seperti roh tersendiri bagi masyarakat adat,” tambah Danpos Seriang

Selanjutnya, Iman (35) salah satu petani yang ikut dalam kegiatan menananm padi bersama personel Satgas Pamtas Ri – Malaysia Yonarmed 10/ Bradjamusti mengucapkan terima kasih karena sudah mau membantu masyarakat dalam kegiatan menanan padi di desanya.

“Terima kasih kepada bapak TNI yang sudah membantu kami dalam kegiatan menanam padi di desa kami, semoga kebersamaan ini akan terus terjalin dengan baik antara masyarakat dan juga personel pamtas.” Ucap Iman.

(Umar k/Yonarmed 10/Bradjamusti).

 158 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *