Dandim 1019/Ktg Hadiri Acara Festival Budaya Penyang Hinje Simpei

Dandim 1019/Ktg Hadiri Acara Festival Budaya Penyang Hinje Simpei

indopers.net | Kasongan (Kalteng) – Acara Festival Budaya Penyang Hinje Simpei (FBPHS). dilaksanakan di Lapangan Stadion Sport Center Kasongan Komplek Perkantoran Pemda Katingan Kel. Kasongan Lama Kec. Katingan Hilir Kab. Katingan Prov. Kalteng, Senin, (24 /7/2023).

Acara Festival Budaya Penyang Hinje Simpei (FBPHS) bertujuan untuk melestarikan kebudayaan masyarakat suku dayak khususnya Katingan. serta memperkaya nilai historis budaya Dayak yang cenderung semakin menurun dan kurang dikenal oleh generasi Z sekarang ini.

“Dandim 1019/Ktg Letkol Inf Anggun Wuriyanto, S.H. M.Han. berpendapat, budaya-budaya Lokal semestinya terus dijaga, dirawat dan dikembangkan walaupun begitu banyak perubahan pola hidup dan pengaruh budaya lain, Budaya Lokal harus tetap lestari dan tetap dijaga. Karena budaya ini lahir turun temurun dari Nenek Moyang kita.

Selain itu, kata Komandan Lulusan Akmil 2003 ini kebanggaan terhadap budaya lokal hendaknya tertanam bagi setiap masyarakat di wilayah Katingan, karena begitu banyak dan beragamnya budaya Dayak, sehingga walupun perkembangan jaman terus terjadi, budaya lokal tidak bole dilupakan dan ditinggalkan oleh masyarakat.

Secara tegas, Letkol Inf Anggun Wuriyanto, S.H., M.Han. mendukung sepenuhnya prakarsa dilaksanakannya kegiatan Festival budaya penyang hinje simpei tahun 2023.” dan Beliau berharap kegiatan ini berjalan dengan lancar, aman dan sukses.

Festival budaya Penyang Hinje Simpei ini menjadi agenda tetap yang dilaksanakan setiap tahunnya, dimana tahun ini dilaksanakan untuk memeriahkan hari jadi kabupaten katingan ke-21.” (Umar k/ Pendim 1019/Ktg)

 166 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *