Babinsa Koramil Kahayan Hulu Utara Hadiri Ritual Tiwah Desa Tumbang Maraya

Babinsa Koramil Kahayan Hulu Utara Hadiri Ritual Tiwah Desa Tumbang Maraya

indopers.net | Kahut/Gunung Mas (Kalteng) – Babinsa 1016-08/Kahut Sertu Heriansyah menghadiri acara pelaksanaan puncak ritual tiwah yang bertempat di Desa Tumbang Maraya, Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Kabupaten Gunung Mas, Selasa 02 Mei 2023.

Diketahui bahwa Tiwah merupakan upacara ritual kematian tingkat akhir bagi masyarakat suku Dayak di Kalimantan Tengah (Kalteng), khususnya Dayak Pedalaman penganut agama Kaharingan sebagai agama leluhur warga Dayak.

“Tiwah memiliki makna yang dalam dan sakral, yang harus diaktualisasikan sebagai perwujudan cinta kasih dan penghargaan yang tinggi terhadap nilai-nilai kehidupan bagi suku dayak di kalimantan tengah,” ucap Sertu Heriansyah.

Heriansyah menuturkan, Upacara ritual tiwah diharap membawa keberkahan bagi masyarakat Kalimantan Tengah khususnya Desa Tumbang Maraya, sekaligus memperkenalkan peradaban budaya yang hidup dan berkembang di provinsi berjulukan Bumi Tambun Bungai, di tengah kehidupan masyarakatnya yang majemuk dalam keragaman agama dan budaya.

“Ini merupakan salah satu bentuk peran TNI dalam kemanunggalannya bersama rakyat, dalam ikut serta melestarikan budaya lokal, sehingga TNI dan Rakyat akan semakin kuat dalam membangun bangsa ini dengan tidak melupakan peninggalan peradaban dari leluhur kita.” Pungkas Babinsa.

@Umar k.

Sumber:Pendim 1016/Plk.

 158 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *