Ratusan Penumpang Arus Balik Bertolak dari Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu Kabupaten Bangka.

Ratusan Penumpang Arus Balik Bertolak dari Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu Kabupaten Bangka.

indopers.net | Belinyu/Bangka (BABEL) – Personil Polsek Belinyu bersama aparat gabungan mengamankan penumpang yang naik ke KM Sabuk Nusantara 48 di Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu tujuan Pekajang – Jago – Tanjung Pinang, Pukul 15.00 (wib) dan berangkat lagi pukul 17.00 (wib) dengan data Penumpang Turun sekitar 129 orang, dan penumpang naik sekitar 94 orang, Pada hari Rabu 26/4/2023.

Usai merayakan Idulfitri 1444 Hijriah di Bangka Belitung, warga yang akan balik ke luar daerah diantaranya memilih menempuh perjalanan menggunakan transportasi laut. Masuknya kapal feri KM Bukit Raya dari Kijang ke Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ikut dimanfaatkan warga arus balik.

KM BUKIT RAYA TA ‘ 11.50 (Wib), TD ‘ 14.00 (Wib) Tujuan Kijang – Letung -Tarempa – Natuna – Midai – Serasan – Pontianak – Surabaya (PP), dengan data penumpang turun 173 Orang dan Penumpang Naik 396 Orang yang akan meneruskan perjalanan, dimanfaatkan warga untuk pulang usai berlebaran di Pulau Bangka. Tercatat sebanyak -/+ 300 penumpang dari Tanjung Gudang Belinyu naik ke KM Bukit Raya tujuan Kijang – Letung – Tarempa – Natuna – Midai – Serasan – Pontianak – Surabaya (PP). “Pilih Naik KM Bukit Raya karena ongkosnya murah cuma 200 ribuan soalnya berat naik pesawat yang harga tiketnya diatas 1 jutaan,” Salah satu warga Belinyu yang menetap di Surabaya saat ditemui awak media INDOPERS.NET di Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu. Warga tersebut mengaku dirinya memang memaksa pulang bersama anak istrinya berlebaran di Pulau Bangka saat ekonomi cukup memberatkan saat ini. Ia mengaku anak istrinya mudik lebih dulu ke Bangka menggunakan KM Bukit Raya sepekan sebelum Idulfitri. Ia kemudian seorang diri menyusul ke Bangka menggunakan pesawat 2 hari sebelum hari raya. “Jadi pulangnya ada jadwal KM Bukit Raya maka bisa pulang ke Surabaya sama sama jadi bisa berhemat karena ongkos pesawat untuk saru orang bisa beli tiket kapal untuk kami berlima,” ucapnya.

Kedatangan KM Bukit Raya yang masih dalam suasana arus mudik yakni di hari keempat Idul Fitri 1444H Hijriah membuat tim gabungan Operasi Ketupat Menumbing 2023 melakukan pengamanan. Personil dari Polsek Belinyu, Lanal Babel, KSOP Belinyu, Koramil Belinyu dan instansi terkait di Pos Pelayanan Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu mengamankan jalannya naik turun penumpang. KM Bukit Raya yang tiba di Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu dari Pelabuhan Kijang Kepulauan Riau pada pukul 17.30 WIB dan menurunkan sebanyak 286 penumpang.

Total penumpang diatas kapal menuju tempat tujuan masing-masing mencapai 367 orang.

Kapolsek Belinyu AKP Candra Satria Adi mengatakan selain mengamankan arus penumpang naik dan turun, pihaknya juga mengamati pelaku tindak pidana untuk melakukan aksi memasukkan barang illegal dari luar Pulau Bangka. “Ini kedatangan KM Bukit Raya terakhir dalam masa arus mudik H-7 sampai H+7 kedatangan selanjutnya di Bulan April 2023,” kata AKP Chandra Satria Adi.

(syofian rizal/bang toy).

 424 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *