Rencana Relokasi Pasar Ikan Bandung Kabupaten Tulungagung, Ini Kata Kades Suwaru

Rencana Relokasi Pasar Ikan Bandung Kabupaten Tulungagung, Ini Kata Kades Suwaru

indopers.net, Tulungagung (Jatim) – Sudah menjadi rahasia umum, keberadaan pasar ikan ditengah pemukiman memang menjadi masalah tersendiri, Demikian juga keberadaan Pasar Ikan Bandung yang notabene ditengah padatnya pemukiman dan meskipun Bandung adalah sebuah desa, namun Pasar Bandung termasuk salah satu pasar terbesar di Kota Marmer.

Sudah lama masyarakat sekitar Pasar Ikan Bandung mengharapkan Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung secara sungguh- sungguh dapat mewujudkan relokasi pasar ikan untuk dipindah dari induk Pasar Bandung.

Hal tersebut dikarenakan selama ini air limbah ikan mempunyai dampak lingkungan yang nyata dirasakan oleh masyarakat sekitar pasar.

Menurut nara sumber yang sengaja kami samarkan, didapat infomasi bahwa relokasi pasar ikan yang semula berada di Desa Bandung akan ditempatkan di Desa Suwaru.

Terkait hal tersebut, Toha Mahsun selaku Kepala Desa Suwaru menyampaikan bahwa benar pihak Pemdes Suwaru sudah beberapa kali rapat bersama OPD Pemkab Tulungagung terkait rencana relokasi pasar ikan.

Toha menyampaiakn bahwa Pemdes Suwaru sangat mendukung semua program Pemkab Tulungagung, termasuk rencana relokasi pasar ikan yang akan ditempatkan didesanya, Selasa, 24/1/2023

Namun Toha sudah menyampaikan bahwa keputusan berada ditangan masyarakat Desa Suwaru. Menurut Toha, sejauh ini belum ada kesepakatan terkait besaran nominal harga sewa lahan yang akan digunakan oleh pasar ikan.

Toha melanjutkan, bahwa lahan yang akan digunakan membangun pasar ikan tersebut seluas kurang lebih 6500m2, atau biasa masyarakat umum menyebutnya seluas “Sebahu”. Menurut Toha, lahan tersebut adalah tanah kas desa yang sampai saat ini juga lahan aktif.

Toha menambahkan, lahan seluas tersebut bila digarap sewa oleh masyarakat pertahun bisa menghasilkan kurang lebih Tiga Puluh Juta per tahunnya.

Sekali lagi Toha Mahsun menegaskan bahwa Pemerintah Desa Suwaru sangat mendukung dan terbuka dengan rencana relokasi pasar ikan, namun harus diingat kepentingan dan kesejahteraan masyarakat Desa Suwaru juga harus dipikirkan.
(lgeng)

 347 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *