Perang Terhadap Halinar di Dalam Lapas, Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim Gelar Sidak Blok Hunian

Perang Terhadap Halinar di Dalam Lapas, Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim Gelar Sidak Blok Hunian

indopers.net, Pamekasan (Madura) – Lembaga Pemasyarakatan Narkotika (Lapas) Kelas IIA Pamekasan kembali melaksanakan penggeledahan Insidentil Blok Hunian, kegiatan ini merupakan langkah progresif deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban serta mencegah beredarnya Halinar (Handphone, Pungutan Liar dan Narkoba) di dalam Lapas.

Kegiatan ini sebagai bentuk tindak lanjut perintah pimpinan untuk meningkatkan pengamanan dan kewaspadaan demi menciptakan situasi dan kondisi yang aman dan tertib di dalam Lapas,Sabtu (15/10/2022)

Sidak Blok Hunian ini dimulai pukul 19.00 wib dan dipimpin langsung oleh Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kanwil Kemenkumham Jatim, Yan Rusmanto dan seluruh Staf kantor Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan serta regu pengaman.

Razia ini dilakukan dengan menyisir setiap Blok Hunian yang ada di Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim, tanpa terkecuali.

Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kanwil Kemenkumham Jatim, Yan Rusmanto kepada awak media ini mengatakan,” Operasi ini sifatnya merupakan upaya progresif dan serius dalam menciptakan Lapas Narkotika Bersih dari Halinar serta sebagai tindaklanjut dan langkah percepatan deteksi dini Blok dan Kamar Hunian Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, sesuai arahan Dirjen Pemasyarakatan terkait Upaya Deteksi dini Cegah Gangguan Kemanan dan Ketertiban”.

“Sesuai dengan arahan pimpinan, kami bersama seluruh jajaran melakukan kegiatan Deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban. Untuk sasaran kita adalah barang barang terlarang beredar di Lapas baik itu Narkotika, Handphone, benda tajam serta benda lainnya yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban Lapas serta sebagai upaya mewujudkan Lapas yang bersih dari Halinar,” Urainya kepada Tim Humas Lapas Narkotika Pamekasan.

Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Yan Rusmanto berpesan dalam pelaksanaan kegiatan supaya bersikap Humanis.

“Penggeledahan rutin kali ini tetap harus mengedepankan sikap yang baik tanpa arogansi dengan tidak merendahkan harkat dan martabat mereka , sehingga situasi tetap kondusif sesuai dengan tujuan. Pelaksanaan giat penggeledahan ini sesuai dengan SOP, sebagai bentuk keterbukaan informasi terhadap hasil temuan nantinya akan kami sampaikan secara detail agar terus menjadi pembenahan di kemudian hari,” Ungkapnya.

Dari hasil penggeledahan petugas menemukan kartu Remi atau domino, Sajam jenis pisau rakitan, beberapa botol kaca, lem cair serta kaca dan korek api gas.

Selain sidak Blok Hunian juga dilakukan tes urine terhadap 20 perwakilan Warga Binaan Pemasyarakatan yang kita pilih secara acak di tiap kamar, paparnya Yan sapaan akrabnya.

“Alhamdulillaah untuk malam ini tidak ditemukan barang terlarang seperti Handphone dan Narkoba hanya berhasil kita amankan sendok besi, kaca serta kartu domino. Dan untuk tes urine ke-20 WBP dinyatakan Negatif,” pungkasnya.

Kegiatan ini akan terus dilakukan sebagai bentuk komitmen dan keseriusan Lapas Narkotika Pamekasan dalam pencegahan peredaran narkoba serta deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban dan untuk barang-barang yang berhasil diamankan selanjutnya akan dibuatkan berita acara penggeledahan dan akan dilakukan pemusnahan. (mukhlis)

 225 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!