Vakum Selama Pandemi, Karnaval Kebangsaan di Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi Kembali Digelar.

Vakum Selama Pandemi, Karnaval Kebangsaan di Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi Kembali Digelar.

indopers.net, Ngawi (Jatim) – Karnaval Kebangsaan memperingati HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di Kecamatan Pangkur Kabuoaten Ngawi Jawa Timur, berlangsung meriah dan ribuan penonton memadati jalanan yang dilalui para pelajar peserta karnaval.

Ribuan pelajar menampilkan beragam kesenian Indonesia. Ada yang membawakan tari gambyong, jarananan, tari orekorek kesenian asli Ngawi dan masih banyak lainnya dan tidak menyebutkan satu persatu.

“Lewat kegiatan ini diharapkan semangat menjaga kebhinekaan bisa dirasakan seluruh masyarakat, khususnya generasi muda sehingga tumbuh toleransi,” ujar Camat Pangkur

Ia mengaku sangat bangga para pelajar antusias menyambut kegiatan tersebut. Karnaval Kebangsaan menampilkan ragam budaya, etnis, adat istiadat dan agama, yang ada di Indonesia.
Ketua Panitia menjelaskan bahwa UPT Dinas Pendidukan Kec Pangkur menggelar banyak event dalam rangka memperingati Hari Proklamasi ini, mulai dari lomba-lomba untuk sepak bola, bila voly yang sifatnya kreatif, hingga perayaan yang dikemas dalam aneka kegiatan menarik, seperti Karnaval Kebangsaan ini.

Harapannya, selain sebagai upaya untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme di kalangan pelajar khususnya, juga bisa menjadi ajang memulihkan ekonomi warga karena banyaknya event yang digelar.

Karnaval yang dilepas dari depan Pasar Desa Pangkur menuju finish di Lapangan Desa Pangkur ini, diawali oleh penampilan siswa SMPN 1 Pangkur orek orek ini menceritakan keberagaman budaya, adat dan tradisi masyarakat jawa oada umumnya dan masyarakat Ngawi kususnya.

Penampilan mereka disusul barisan drumband, yang secara berturut-turut diikuti barisan di belakangnya. Ada barisan pembawa bendera merah putih dan identitas negara, lalu diikuti barisan kontingen dengan kostum yang memvisualisasikan kebhinekaan suku dan adat di di Indonesia.

Tak ketinggalan sajian fragmen yang mengisahkan beragam tradisi dari berbagai daerah di Indonesia. Alunan musik dari berbavai daerah ditampilkan di sepanjang jalan protokol Pangkur semakin membuat pawai ini berlangsung atraktif dan tidak membosankan. Pesertanya pun terlihat antusias menampilkan atraksinya.

Karnaval Kebangsaan merupakan agenda rutin yang digelar setiap tahun di Kecamatan Pangkur bekerja sama dengan Di as Pendidikan Kec Pangkur yang sempat sempat dua tahun vakum karena pandemi, acara yang konsisten menampilkan beragam adat dan budaya Nusantara ini kembali dihelat untuk mengingatkan seluruh warga akan kebhinekaan Indonesia.

Karnaval diikuti sebanyak 900 pelajar tingkat SD /SMP/MTs se kecamatan Pangkur Kab Ngawi.

(rin)

 145 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *