GIAT BUPATI KEPALA DAERAH TINGKAT II KAB. MAGETAN DALAM RANGKA PENETAPAN TARI JALAK LAWU, PENETAPAN GEDUNG KESENIAN DAN PENGUKUHAN KEPENGURUSAAN TIM KESENIAN PERIODE 2022 – 2027.

GIAT BUPATI KEPALA DAERAH TINGKAT II KAB. MAGETAN DALAM RANGKA PENETAPAN TARI JALAK LAWU, PENETAPAN GEDUNG KESENIAN DAN PENGUKUHAN KEPENGURUSAAN TIM KESENIAN PERIODE 2022 – 2027.

indopers.net, Magetan (Jatim) – Dalam alur cerita serta sejarah yang di sampaikan oleh ketua penyelenggara sebagai kepala dinas pariwisata dan kebudayaan kabupaten Magetan Joko trihono e.sos.msiyang juga sebagai ketua penyelenggara acara pada siang hari ini Selasa 2 Agustus 2022 menjelaskan sejarah jalak Lawu tersebut sebagai tari tradisional yang pernah dan sering kali di peragakan saat acara bupati Magetan baik di lokasi pedesaan maupun di perkotaan.

Pada acara tersebut semua kepala dinas opd yang ada di kabupaten Magetan datang dan hadir dalam acara tersebut dengan ber pakaian adat budaya Jawa sehingga terlihat sangat indah para pejabat interen Pemkab Magetan ini berpakaian ala budaya Jawa.

Sebelum acara di mulai semua tamu undangan menyayikan lagu indonesia raya yang di nyayikan semua tamu undangan,kemudian pembawa acara membacakan rangkaian nama nama pengurus kesenian yang ada di kabupaten Magetan dan nanti nya pengukuhan ini akan di kukuhkan langsung oleh Bupati Magetan Dr.Drs.H.suprawoto SH. MSI dan juga di iringi lagam kesenia Jawa yang mengalun alun serasa kita hidup di jaman kerajaan.

Pada acara tersebut juga hadir ketua DPRD kabupaten Magetan sujatno SE.MM juga para perwakilan anggota DPRD juga ikut hadir seperti haji sutekno juga seorang seniman yang merintis pertama kali dalam bentuk batik preng sedapor yang juga di pakai oleh para siswa siswi serta di lingkup Pemkab batik ini juga di gunakan.

Saksi mata ikut menyaksikan dan tertuju kepada bapak bupati saat membacakan beberapa petuah petuah tentang apa yang nanti bisa di jalankan setelah pengukuhan itu di sahkan dan gedung tripandita akan menjadi saksi sejarah akan di gunakan nya gedung kesenian nanti nya serta penyerahan Dasima yang lama ke pada Dasima yang baru.

Dalam acara yang sangat meriah ini juga di tampilkan tarian jalak Lawu sebagai simbol sejarah keratan Yogjakarta ke tanah Mataram yang ada di kabupaten Magetan dengan lemah gemulai para penari ini memperagakan dengan gerak tari yang sangat indah dan budaya ini nantinya bisa di turunkan bagi para muda mudi yang ada di kabupaten Magetan tersebut.

Kebetulan kepala dinas Dikpora dinas pendidikan dan olah raga Drs.Suwata MSI ikut hadir dalam acara ini sekda kabupaten Magetan tidak bisa hadir di karenakan ada tugas yang di bisa di tinggalkan dan sudah jelas pada hari ini semua yang berkaitan dengan tersebut secara resmi sudah di sahkan oleh bapak bupati Magetan.

Juga ikut hadir tamu dari Yogjakarta atau kraton jogja gelar ketemenggunagan serta ketua kesenia dari Jawa timur yang di wakili serta memberikan sambutan sambutan ke pada Dasima yang baru di kukuh kan.

(beni.brt.mgt)

 137 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!