Pemkot Surabaya Perbaiki Sistem Drainase untuk Cegah Banjir

Pemkot Surabaya Perbaiki Sistem Drainase untuk Cegah Banjir

indopers.net, Surabaya – Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya memantau pengerjaan Crossing Drainase atau penyambungan saluran air yang ada di Surabaya, Senin (18/7/2022). Hal ini untuk mengamankan warga dari ancaman banjir jelang musim hujan.

Eri bersama Lilik Arijanto Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Indeks Kinerja Operasional (IKO) turun ke dalam gorong-gorong dan menemukan beberapa saluran air yang belum terkoneksi dengan maksimal.

Menurut Eri, penuntasan permasalahan banjir di Surabaya tidak hanya seputar pembangunan box culvert tapi juga bagaimana membangun saluran air yang terkoneksi agar air mengalir optimal.

“Yang sekarang sudah terbangun ini ternyata gurung connect kabeh (belum terhubung semua). Kalau dilihat dari atas, semua sudah connect. Tapi setelah turun ternyata ada saluran yang mengecil, ada yang belum terkoneksi dengan riol atau saluran pembuangan air,” kata dia.

Eri mencontohkan, kasus banjir yang kerap terjadi di kawasan Kranggan dan Tidar akibat saluran drainase-nya tidak dibuat terkoneksi dengan riol yang berlokasi di Jalan Praban.

Mantan Kepala Bappeko Surabaya ini justru menemukan, riol Belanda yang ada di Praban justru tertutup box culvert saat pembangunan pedestrian beberapa tahun silam.

Dirinya tidak menyebut secara eksplisit, kapan pembangunan pedestrian dilakukan. Tapi tertera Dinas SDA tahun 2008 pada tutup gorong-gorong.

Akibatnya, Eri harus merombak dan memperbaiki sistem drainase masa lalu yang belum terkoneksi dengan baik bahkan menutup riol.

“Kenapa Kranggan ini banjir, karena tidak ada crossing ke riol Belanda ini (di Praban). Harusnya masuk ke riol ini,” paparnya.

“Kalau teman-teman turun melihat, dibawah ini ada riol Belanda. Tapi ketutupan ambek Box Culvert. Dulu pada waktu pembangunan, kudune Box Culvert nya ditinggikan tapi bawahnya harusnya di bongkar sampai tembus ke riol. Jadi tingginya nambah 2 meter dari box Culvert ditambah 3 meter dari riol,” imbuhnya menjelaskan.

Pemkot menargetkan pembenahan sistem drainase di Praban, Simpang pojok dan Jalan Embong Kenongo sampai tersambung ke Panglima Sudirman tuntas pada 7 Desember 2022.

(fwaid)

 176 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!