Komplotan Pencuri dengan Modus Penyaluran BLT Covid-19 di Trenggalek Ditangkap

Komplotan Pencuri dengan Modus Penyaluran BLT Covid-19 di Trenggalek Ditangkap

indopers.net, Trenggalek (Jatim) – Aparat Kepolisian Resor Trenggalek menangkap komplotan pencuri yang terdiri dari empat orang pria dengan modus penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) warga terdampak Covid-19 di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

“Keempat pelaku kami diamankan di wilayah Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah saat hendak mengembalikan mobil rental yang mereka gunakan untuk beraksi,” kata AKBP Dwiasi Wiyatputera  Kapolres Trenggalek, dalam gelar perkara di Polres Trenggalek, Senin (11/4/2022).

Dari hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan, lanjut Dwiasi, diketahui bahwa para pelaku beraksi di tiga tempat di Kabupaten Trenggalek.

“Dalam sehari ada tiga lokasi sasaran. Korbannya ada warga Desa Wonoanti, Desa Karangsoko, dan Desa Pucang Anak,” katanya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, diketahui para pelaku ini beraksi dengan peran berbeda namun saling terkoordinasi satu sama lain. Ada yang bertugas memetakan lapangan dan mengidentifikasi calon korban yang akan disasar, sebagai sopir, hingga menyaru sebagai pegawai pemerintah untuk menyalurkan bantuan Covid-19.

Rupanya salah satu pelaku sebelumnya bekerja sebagai sales regulator elpiji sehingga mengetahui data pemilik rumah.

“Jadi ada dari mereka sebelumnya pernah ke sini, ke Trenggalek sehingga tahu data-data para korban saat bekerja sebagai sales regulator elpiji,” katanya.

Ia menjelaskan tentang modus para pelaku dengan mengajak para korban untuk berfoto-foto, mengambil gambar video seolah menerima bantuan dan beberapa temannya beraksi.

Korban dibuat seolah tidak sadar, setelah komplotan itu pergi dan membawa harta bendanya baru korban sadar.

“Kami imbau masyarakat untuk lebih waspada terhadap berbagai modus tindak kejahatan,” ucapnya.

(tier)

 120 total views,  1 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!