Tajamkan Program Kerja Tahun 2023, Bupati Trenggalek Sambangi Dinas PKPLH

Tajamkan Program Kerja Tahun 2023, Bupati Trenggalek Sambangi Dinas PKPLH

indopers.net, Trenggalek (Jatim) – Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin melanjutkan kegiatan safari OPD. Kali ini ke Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) untuk menajamkan program kerja di tahun 2023 mendatang.

Sesuai fungsi dari Dinas PKPLH yang lebih banyak ke masalah lingkungan hidup, Bupati Nur Arifin ingin menekankan terkait indikator kota hijau yang menjadi indikator baru dalam RPJMD Kabupaten Trenggalek tahun 2021-2026.

“Kita ingin menekankan betul terkait 8 area kota hijau, mulai dari perencanaan hijau, pengelolaan sampah, energi, transportasi sampai kualitas udara, air, semuanya tadi kita bahas detail,” ungkap Bupati Nur Arifin saat melakukan safari di Dinas PKPLH, Rabu (2/2/2022).

Bupati meminta agar programnya di-breakdown lagi, mana yang sasarannya individu harus melakukan apa untuk menuju kota hijau.

Salah satu contohnya seperti surat edaran terkait penanaman pohon untuk setiap individu.

Menurut Bupati hal itu merupakan bentuk program yang tidak harus berkonsekuensi anggaran. Namun bisa mendukung tercapainya kota hijau di Kabupaten Trenggalek.

“Nah, yang seperti itu kami minta didetailkan di semua area, sehingga nanti ketika penyusunan RKPD kita sudah tahu prioritas-prioritas mana yang harus dianggarkan, mana yang harus didukung kebijakan, mana yang dikerjasamakan swasta,” tuturnya.

Bupati juga mencontohkan terkait pengelolaan sampah yang selama ini berkonsekuensi anggaran. Dimana harus keluar banyak biaya untuk pengelolaan sampah.

Padahal, menurut Bupati, sampah juga bisa menghasilkan uang. Banyak perusahaan swasta mendapatkan uang dari mengelola sampah.

“Contoh limbah medis, kenapa tidak kita kerja samakan,” terangnya.

Silahkan mencari mitra untuk berkolaborasi, sehingga nanti ada Bu konsekuensi terhadap PAD supaya meningkat.

“Kalau PAD meningkat maka pemasukan meningkat sehingga pelayanan.kepada masyarakat juga bisa menambah maksimal,” harapnya. (tir/lgeng)

 368 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!