Babinsa Tegaldlimo Banyuwangi Laksanakan Pemantauan Perkembangan Wilayah Jelang Pilkades

Babinsa Tegaldlimo Banyuwangi Laksanakan Pemantauan Perkembangan Wilayah Jelang Pilkades

indopers.net, Banyuwangi (Jatim)

Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI-AD dinilai memiliki tugas penting dalam menjaga stabilitas keamanan masyarakat, khususnya di desa. tidak hanya membuat peta Geografi, Demografi, Konsos. Babinsa juga dituntut mampu membuat pemetaan kerawanan guna mengantisipasi potensi terjadinya konflik sosial di masyarakat.

Hari ini Sab’tu 13 November 2021 Anggota Koramil 0825/09 Tegaldlimo Pelda Ainur Rofiq didampingi anggota Babinsa melaksanakan pemantauan perkembangan wilayah menjelang pemilihan Kepala Desa dalam waktu dekat ini bertempat di Posko Dusun Krajan RT 26 RW 03 Desa Kedunggebang.

Dalam kesempatan tersebut Babinsa berbincang-bincang dengan masyarakat sambil santai dengan minum kopi dan makan ikan bakar, disela-sela perbincangan Babinsa mengajak masyarakat dalam Pilkades yang akan datang agar dilaksanakan secara tertib, aman dan tidak anarkis serta mematuhi protokol kesehatan.

Kapten Inf Ali Mukhaedori menyampaikan,”Babinsa bertugas di Komando Rayon Militer (koramil). Mereka dituntut memiliki kemampuan sosial untuk pembinaan masyarakat desa. Melalui pembinaan itu, seorang Babinsa akan mampu mengetahui latar belakang masyarakat dan potensi konflik yang mungkin timbul di wilayah itu,”ucapnya.

Tugas pokok TNI lebih khusus tugas seorang Babinsa, dalam proses pesta demokrasi pilkades mendatang berbagai permasalahan tak lepas dari miskomunikasi baik itu dari panitia, calon, maupun pemilih pasti akan terjadi, oleh karena itu keberadaan Babinsa diharapkan mampu memberikan nuansa yang harmonis, sejuk, tanpa menimbulkan suatu perpecahan di wilayah Teritorial setempat,”tuturnya.

( Rudy )

 396 total views,  1 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!