Jelang HUT TNI Ke-76, Dandim 0801 Pacitan Bersama Forkopimda Ziarah di Taman Makam Pahlawan Pacitan

Jelang HUT TNI Ke-76, Dandim 0801 Pacitan  Bersama Forkopimda Ziarah di Taman Makam Pahlawan Pacitan

indopers.net, PACITAN – Komandan Kodim (Dandim) 0801 Pacitan memimpin apel upacara ziarah dalam rangka HUT TNI Ke 76 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa di Jalan A Yani Pacitan. (4/10/2021).

Dengan dilaksanakan upacara ziarah nasional,sebagai wujud penghargaan terhadap jasa jasa para pahlawan pendahulu yang telah gugur dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dari tangan penjajah.

“Kegiatan ini sebagai wujud penghormatan kepada jasa-jasa para Pahlawan dan nilai patriotisme nasional para pahlawan yang telah gugur untuk memperjuangkan bangsa Indonesia,”ujar Letkol Kav Ibnu Khazim usai kegiatan, Senin (04/10/2021).

Lebih lanjut Dandim menyampaikan bahwa kegiatan ziarah dan tabur bunga memperingati HUT TNI yang ke-76 ini memiliki arti sangat penting. Selain sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang telah mendarmabaktikan jiwa raganya, ziarah juga sebagai bukti kebesaran jiwa bangsa Indonesia.

Sebagai generasi penerus bangsa, jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah atau disingkat “Jasmerah” adalah semboyan yang terkenal yang diucapkan oleh Soekarno. Perjuangan para pahlawan patut kita jadikan sebagai motivasi dengan melakukan hal yang positif dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

“Jas Merah menjadi istilah yang memotivasi kita untuk mengisi kemerdekaan dengan membangun bangsa dan negara serta jangan melupakan dan meninggalkan hakikat dasar perjuangan yang sudah diletakkan dalam komitmen yang termaktub dalam filosofi Pancasila, UUD 1945 dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),”jelas Dandim

Istilah ini, menurutnya, dipopulerkan oleh Presiden pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno. Indonesia sebagai bangsa yang besar perlu menghayati dan memahami sejarah perjuangan bangsa ketika para pejuang rela mengorbankan jiwa dan raga merebut kemerdekaan dari kaum penjajah. Tanpa jasa mereka itu kita tidak akan menikmati suasana kemerdekaan saat ini.

Adapun rangkaian acara ziarah dan tabur bunga diawali penghormatan kepada arwah para pahlawan, peletakan karangan bunga oleh pemimpin upacara, penghormatan terhadap para pahlawan, kemudian penaburan bunga di pusara.

Turut hadir juga dalam kegiatan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono, Kajari Pacitan, Ketua Pengadilan Negeri dan peserta undangan lainnya.

(ink)

 242 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *