Koramil 0825/14 Kabat Banyuwangi Bersama Warga Gelar Munggah Milo Aula Outdoor Dan Musholla

Koramil 0825/14 Kabat Banyuwangi Bersama Warga Gelar Munggah Milo Aula Outdoor Dan Musholla

indopers.net, Banyuwangi

Munggah Molo atau munggah kayu masih dijaga Koramil 0825/14 Kabat sebagai salah satu tradisi leluhur Jawa khususnya Banyuwangi.

Munggah Molo artinya menaikkan atap suatu bangunan ataupun rumah. Tradisi upacara adat Munggah Molo digelar dengan Tasyakuran Tumpeng sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT. Sehingga dalam pembangunan Aula Out Door dan Musholla Koramil 0825/14 Kabat, tradisi ini digelar.

Danramil 0825/14 Kabat Kapten Inf Sabar Wiyono mengungkapkan
“Dipilihnya Hari senin 2 Agustus 2021 karena hari senin sama dengan awalnya hari dan sama dengan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dalam hitungan jawa juga baik, Harapanya bangunan ini sebagai lambang untuk kepentingan Agama dan Bangsa, dimulai dengan Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an dan Tahlil, dilanjutkan memasang paku dan menaikkan kayu glugu (Kelapa) yang dipimpin oleh Ustadz Muhammad Syuhada tokok agama warga Kabat” .

“Melalui Doa dan upacara adat ini kita memohon doa kepada Allah SWT agar bangunan Aula Outdoor dan Musholla bisa benar-benar kokoh. Kokoh secara fisik dan bathin juga kokoh dalam menyejahterakan Warga Kabat dan warganya,” terang Sabar Wiyono.

Menurutnya, dengan adanya Munggah Molo menandakan bahwa atap dalam waktu dekat akan naik. Pembangunan lanjutan Aula Outdoor dan Musholla bagian dalam bisa berjalan lebih cepat.

Sabar Wiyono menambahkan, “Dengan naiknya molo ini, berarti struktur sudah selesai hampir 70 persen tinggal penyempurnaan interior dan eksterior serta Instalasi Listriknya. Bangunan ini pun disebut-sebut sebagai kebanggan Warga Kecamatan Kabat karena Aula Outdoor dan Musholla adalah murni swadaya Anggota Koramil 0825/14 Kabat, Donatur dan warga Kecamatan Kabat.

“Selanjutnya tinggal finishing saja. Seperti memperhalus tembok, pekerjaan kelistrikan, pengecatan dan sebagainya. Jadwalnya selesai 30 September 2021, Tepat Hari kesaktian Pancasila 1 Oktober 2021 Bangunan ini bisa di gunakan dan saya mewakili Koramil 0825/14 Kabat mengucapkan banyak terima kasih Kepada semua pihak yang mendukung khususnya Anggota Koramil 0825/14 Kabat, para donatur dan warga Kecamatan Kabat yang telah mendukung pembangunan Aula Outdoor dan Musholla ini,” Ucap Sabar Wiyono.

( Rudy )

 446 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!