Apresiasi Bantuan Oksigen untuk Kabupaten Kotawaringin Barat

Apresiasi Bantuan Oksigen untuk Kabupaten Kotawaringin Barat

indopers.net, Kotawaringin Barat

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, terhadap bantuan oksigen yang dilakukan Korindo melalui PT Korindo Ariabima Sari (KABS). Perusahaan tersebut akan mengalokasikan oksigen hasil produksinya ke masyarakat di Kobar maupun daerah lain di Kalimantan Tengah.

Bupati Kobar Nurhidayah menceritakan, wilayah Kobar kini sedang mengalami kelangkaan oksigen sehingga bantuan dari KABS akan sangat berdampak signifikan. “Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada manajemen PT Korindo Aria Bimasari yang telah membantu dalam produksi oksigen,” ujarnya.

Nurhidayah menyebutkan, pihaknya bersama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah melakukan uji kelayakan oksigen produksi KABS dan hasilnya telah memenuhi kriteria. Kerja sama distribusi oksigen ini akan berlangsung selama tiga bulan mendatang.

Sebelumnya, pujian juga sempat disampaikan kepada PT Korintiga Hutani (KTH), bagian usaha Korindo Group yang beroperasi dalam bidang kehutanan di Kalimantan Tengah. Pemkab Kobar menyampaikan apresiasi atas pembangunan jalan penghubung antara Desa Nanga Mua dengan Kelurahan Pangkut. Pembangunan ini merupakan konsorsium yang dikerjakan KTH untuk memudahkan lalu lintas masyarakat maupun barang.

Apresiasi lain datang dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Mereka menilai, bantuan dan bimbingan budidaya lele yang pernah dikembangkan Korindo di daerah Jakarta Selatan dengan menggaet kelompok lanjut usia (lansia) memberikan dampak positif serta masif. Khususnya dalam menyediakan wadah agar para lansia bisa melakukan kegiatan produktif.

Pada dua tahun lalu, Korindo melalui Yayasan Korindo bahkan mendapatkan penghargaan Padmamitra+ Awards atas program urban farming di Pengadegan, Jakarta Selatan. Dalam penghargaan tersebut, Yayasan Korindo memperoleh penghargaan pada kategori ‘Program Sosial yang Memberikan Dampak Berkelanjutan’.

Padmamitra+ Awards diberikan untuk perusahaan yang sudah ikut andil dalam membangun Jakarta melalui kegiatan tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility/CSR). Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. ’’Bersama Forum CSR DKI Jakarta, kita akan terus berkolaborasi dan bersinergi agar Jakarta bisa maju kotanya dan bahagia warganya,” tuturnya saat itu.

Apresiasi turut datang dari Bogor. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memberikan piagam penghargaan untuk Yayasan Korindo sebagai pelaku tanggung jawab sosial dan lingkungan yang telah berperan dalam pembangunan di Kabupaten Bogor periode 2019-2020.

Piagam ditujukan untuk program pembangunan Hutan Kota Pakansari, Cibinong. Di atas lahan seluas dua hektare (ha), Korindo ‘menyulap’ area kosong tak terpakai menjadi ruang terbuka hijau yang rindang ditanami pohon Eucalyptus deglupta.

Berkolaborasi dengan Pemkab Bogor, Korindo mulai membangun dan mengelola Hutan Kota Pakansari sejak 2019. Pada 2022, Korindo akan menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah untuk dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi ataupun olahraga masyarakat setempat.

Meski sudah mendapatkan rangkaian apresiasi dan pujian, Korindo tidak akan berhenti untuk memberikan kontribusi sosial. “Pencapaian ini justru membuat kami semangat untuk semakin aktif, gencar dan luas dalam melaksanakan CSC yang berdampak lebih signifikan untuk banyak pihak,” ucap Sekretaris Jenderal Yayasan Korindo Seo Jeong-sik.

Salah satu tindak lanjut yang dilakukan adalah rencana pembangunan hutan kota di lahan bekas Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Pondok Rajeg, Bogor. Saat ini, Divisi Afforestation Korindo sedang melakukan uji kelayakan untuk memastikan kesesuaian tanaman yang akan ditanam dengan karakteristik lahan. 

(abd hadi)

 373 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *