SBY Laksanakan Upacara Detik-detik Proklamasi ke-79 RI di Pacitan Bareng Ratusan Alumni Akabri

SBY Laksanakan Upacara Detik-detik Proklamasi ke-79 RI di Pacitan Bareng Ratusan Alumni Akabri

indopers.net | Pacitan (Jatim) – Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku bangga dengan penyelenggaraan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di kampung halamannya, Pacitan. Puja-puji pun terlontar dari SBY yang ikut hadir ratusan rekannya sesama alumni Akabri 1973.
“Saya kira semua setuju, upacara hari ini berlangsung dengan baik, membanggakan. Tidak kalah dengan upacara di Istana Negara, Jakarta,” katanya disambut gemuruh tepuk tangan hadirin, Sabtu (17/8/2024).

Pujian yang datang dari SBY itu tentu bukan tanpa alasan. Dia pun merinci beberapa hal yang menurutnya patut diacungi jempol. Mulai dari paskibraka, korps musik, hingga tari-tarian dan musik yang dipersembahkan. Semuanya mendapat predikat bagus.

“Paskibraka bagus, korps musik bagus, tari-tarian dan lagu yang dipersembahkan bagus. Alhamdulillah cuacanya, anginnya juga bagus,” ucap SBY usai menghadiri upacara di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Dia pun mengungkapkan kejujurannya saat memberikan apresiasi itu. Apalagi, sebagai tokoh militer, dirinya pernah bertugas menjadi komandan upacara 17 Agustus di Istana Negara, tepatnya pada tahun 1994. 10 tahun kemudian, SBY menjadi inspektur upacara menyusul jabatan presiden yang diembannya.

“Kalau saya mengatakan bagus, ini bukan buatan. Jadi kalau saya bilang bagus, bagus betul,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, SBY juga menyampaikan terima kasih kepada para sahabatnya sesama alumni Akabri. Seperti diketahui, rekan SBY yang tergabung dalam Cadaka Dharma Puncak Tidar 1973 turut hadir ke Kota 1001 Gua untuk mengikuti upacara sekaligus menghadiri HUT perdana Museum dan Galeri SBY*ANI.

Sekitar 300 rekan SBY sesama alumni Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) tergabung dalam Cadaka Dharma Puncak Tidar 1973 mengikuti upacara detik-detik Proklamasi ke-79 di kampung halaman SBY.

“Saya bangga para sahabat saya Cadaka Dharma. 30 tahun terlibat dalam upacara kenegaraan seperti ini. Darat, laut, udara, polisi. Mereka semua mengenang masa lalu kami. Senang kalau generasi muda seperti ini,” ungkapnya.

SBY pun menautkan harapan bahwa masa depan akan makin cerah. Bukan hanya Pacitan maupun Jawa Timur, namun juga Indonesia. “Sekali lagi terima kasih. Pertahankan dan terus kembangkan,” pesannya menutup sambutan singkat.

SBY tiba di kompleks Pendopo Kabupaten Pacitan, Jalan JA Suprapto pukul 08.17 WIB. Ratusan orang berkostum nuansa merah putih tampak menyambut kedatangannya di sisi barat halaman pendopo sembari pengangkat bendera merah putih. SBY yang mengenakan jas dan berdasi serta kopiah berjalan pelan menuju kursi undangan dan mengikuti upacara hingga selesai. (ttk)

 51 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!