Pembinaan Komunikasi Cegah Konflik Sosial di Wilayah Kodim 1019 Katingan

Pembinaan Komunikasi Cegah Konflik Sosial di Wilayah Kodim 1019 Katingan

indopers.net | Kasongan/ Katingan (Kalteng) – Pembinaan Komunikasi Cegah Konflik Sosial di Wilayah Kodim 1019/Ktg dengan Tema “Peran Seluruh Komponen Masyarakat Dalam Mencegah Konflik Sosial”. Yang di laksankan di Aula Makodim 1019/Ktg Jln. Ahmad Yani Komplek Perkantoran Kereng Humbang, Kel. Kasongan Lama, Kec. Katingan Hilir, Kab. Katingan. (Kamis, 28 Maret 2024)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pamen Denmabesad Kolonel Inf Abdul Rahman Said, Kasdim 1019/Ktg Mayor Inf Slamet Dyanur, Kadis Kesbangpol diwakili Sekban Wanto S.Pd, Pasi Intel kodim 1019/Ktg Lettu Inf Agus susanto, Kaurminpers Tuud Sintelad Kapten Cba Dhili Supriadi, Baurmin Pokmin Spaban I/Simtelad Serda Guruh Pradia, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta tamu undangan -+ 70 orang.

Kolonel Inf Abdul Rahmad Said selaku Katim Binkom perwakilan dari Mabesad menyampaikan, “Kami dari tim TNI AD di turunkan untuk masuk ke daerah-daerah yang pernah terjadi sejarah konflik sosial dan mengundang semua pihak agar tidak kembali lagi terjadi konflik. Maka dampaknya sangat luar biasa, bisa merugikan banyak orang dan semua pihak.” Ucapnya.

“Saya berimakasih atas pemaparan tentang situasi kondisi dan penanganan konflik sosial, dan harus dilakukan  secara preventif dengan upaya upaya secara terus menerus kegiatan sosial. Agar mengatasi menghindari situasi yang memicu konflik sosial.” Tutupnya.

Sementara itu Dandim 1019/Ktg diwakili Kasdim 1019/Ktg mengukapkan bahwa di Kab. Katingan ini tidak pernah terjadi konflik sosial. Semoga tidak ada konflik dan mengapresiasi semua pihak sudah maksimalkan untuk berusaha dan berkomitmen mencegah konflik terjadi lagi.

Dia juga menyebutkan bahwa penyebab konflik biasanya karena ketidakmampuan dalam menerima perbedaan antar masyarakat, perasaan iri, dengki dan terhadap apa yang diraih seseorang atau golongan tertentu.

Padahal manusia diciptakan memang berbeda-beda sehingga harusnya bisa saling menerima satu sama lainnya.

Sangat lah penting peran tokoh agama, serta tokoh masyarakat sangat penting untuk memberikan pemahaman serta edukasi bahwa perbedaan adalah hal yang wajar dan semua bisa saling menerima dalam kerukunan hidup bermasyarakat. Tutup Kasdim.

(Umar/Pendim 1019/Ktg)

 27 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *