Rangkaian HUT Ke 20 Kabupaten Pakpak Bharat Dipadati Pengunjung.

Rangkaian HUT Ke 20 Kabupaten Pakpak Bharat Dipadati Pengunjung.

indopers.net | Pakpak Bharat (Sumut) –
Hari ini Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat mulai melaksanakan rangkaian acara Peringatan Hari ulang Tahun ke-20 Kabupaten Pakpak Bharat dan Pesta Budaya Oang-Oang Tahun 2023. Dalam perayaan kali ini, Pemerintah Kabupaten pakpak Bharat sengaja menggabungkan berbagai unsur diantaranya religi, seni budaya, seremoni, musik, tari, bazar pameran dan banyak lainnya menjadi satu. Membuat suasana perayaan ini terlihat berbeda, apalagi dibalut kemasan tangan-tangan terampil yang terpadu di sana.

Tak pelak perpaduan berbagai unsur yang mampu disatukan menjadi sebuah seremoni yang indah ini mendapat banyak pujian sari berbagai kalangan. Kepala Divisi Pemasaran Internasional pada Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Nelson Lumbantoruan misalnya, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa perpaduan inilah yang bisa mempertahankan eksistensi budaya Pakpak kedepan.

Kami melihat acara yang berjalan teratur dan khidmad, berbeda jauh dengan apa yang kami dengar selama ini diama Budaya Pakpak kian terkikis habis, namun hari ini kami melihat bagaimana budaya itu dipelihara, dibanvun dan dikembangkan dengan perpaduan religi dan rohani, dikemas sangat menarik, dan ia, ini luar biasa. Tugas kami di BPODT sebagai unit Pelaksana Trknis dari KementerianPariwisata dan Ekonomi Kreatif RI diantaranya adalah membantu pengembangan kepariwisataan seperti ini, maka mari kita lestarikan bersama adat budaya yang tinggi bernilai ini, ucap dia.

Hal senada disampaikan Gubernur Sumatera Utara, H Edy Rahmayadi yabg hadir diwakilkan Staf Ahli gubernur Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat, Ir Suherman MSi. Dalam sambutan tertulisnya, Gubernur berharap agar pesta Oang-Oang ini mampu menarik minat wisatawan dari luar Kabupaten Pakpak Bharat, serta menjadi moment penting dalam melestarikan budaya Pakpak, serta membangun masyarakat Pakpak Bharat yang religius dan berbudaya.

Pesta Budaya oang-oabg kita harapkan menjadi salah satu cara guna menarik wisatawan luar untuk dapt berkunjung ke Kabuparen Pakpak Bharat, para seniman harus terus berkarya dan mengembangkan jiwa seni, menghibur masyarakat, dan wisatawan,
Kita juga mengharapkan agar acara ini dapat menjadi sarana pelestarian budaya dans seni, menjadi sarana membangun keimanan, konsepnya luar biasa, selamat berpesta, demikian sambutan tertulis Gubernur dibacakan oleh Ir. Suherman.

Sementara itu Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor dalam arahannya mengungkapkan, bahwa seluruh elemen di Kabupaten Pakpak Bharat harus memaknai momentum Hari Jadi ini sebagai bentuk syukur atas berdirinya Kabupaten Pakpak Bharat.

Acara ini mrnjadi cerminan rasa syukur kita atas terwujudnya kabupaten Pakpak Bharat yang dimekarkan dari kabupaten Dairi pada 20 tahun silam,dan rasa syukur kita atas capaian pembangunan yan kita rasakan selama ini, ungkap dia.

Banyak tamu undangan yang hadir hari ini, mengikuti rangkaian peringatan HUT Pakpak Bharat selama tiga hari kedepan. Berbagai hiburan dan pertunjukan dipersiapkan guna mengisi acara ini. Tidak lupa Tabliqh Akbar dan siraman rohani berupa Kebaktian Kebangunan Rohani juga akan mengisi kegoatan tahunan ini. Puncak acara Peringatan HUT Pakpak Bharat ini sendiri alan dilaksanakan pasa jumat, 28 juli 2023.
(IP/ Sp)

 88 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *