Gelar Labuh Panen, Ini Harapan Kepala Desa Karanganom Trenggalek.

Gelar Labuh Panen, Ini Harapan Kepala Desa Karanganom Trenggalek.

indopers.net | Trenggalek (Jatim) – Masyarakat Desa Karanganom Kecamatan Durenan tumpah ruah mendatangi lapangan desa, yang berada di Kawasan MTS Agrowisata Desa Karanganom dalam rangka menggelar Labuh Panen.
Senin,(26/6/2023), Labuh Panen kali ini dibarengi dengan Kontes Durian dan Launching Gerakan Pangan Murah (GPM) Tahun 2023.

Sutomo selaku Tetua adat dan juga tokoh masyarakat menyampaikan, kegiatan labuh panen ini diadakan setiap akan menjelang panen.

” Kegiatan Labuh Panen ini sudah kita lakukan hampir 10 tahunan. Sejak adanya MTS ( Manajemen Tanaman Sehat) ini kita lestarikan ,tiap- tiap panen itu labuh bersama,” ujarnya .
Sutomo menambahkan, sebelum menggelar labuh panen dikawasan MTS, masyarakat menggelar doa bersama ditempat leluhur desa. Sutomo juga mengungkapkan bahwa sejak digelarnya Labuh Panen, hasil panen masyarakat kiat meningkat.

“Ini juga sebagai bentuk melestarikan adat budaya leluhur,” ujarnya.

Senada hal tersebut, Muntingah selaku Kepala Desa Karanganom juga sangat terbuka dengan adanya kegiatan yang mempunyai nilai adat budaya yang positif terlebih lagi memberikan manfaat untuk masyarakat Desa Karanganom.

“Adat ini sudah lama, Alhamdulillah ada peningkatan hasil panen. Mulai dari penanaman sampai pencegahan hama ada pengarahan dari Dinas Pertanian, dan ini secara alami, “ungkapnya.

Masyarakat Desa Karanganom , terlebih kepala desa sangat berharap dengan adanya Labuh Panen ini hasil panen masyarakat terus meningkat dan kegiatan Labuh Panen ini sebagai wujud syukur serta bentuk tanggungjawab pelestarian adat budaya.
(lgeng)

 144 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!