Terkait Pelatihan Manasik Haji, Korwil UPASP Bandung Kabupaten Tulungagung Sebut Kasek SD Negeri 1 Sukoharjo Sebagai Promotor

Terkait Pelatihan Manasik Haji, Korwil UPASP Bandung Kabupaten Tulungagung Sebut Kasek SD Negeri 1 Sukoharjo Sebagai Promotor

indopers.net | Tulungagung (Jatim) – Pelatihan manasik haji SD Negeri 1 Sukoharjo terbilang sukses. Hal tersebut diketahui dari membludaknya peserta. Pelatihan manasik haji kali ini diikuti bukan saja dari SD Negeri 1 Sukoharjo, namun juga diikuti dari SD Negeri Singgit dan juga oleh anak – anak dari Taman Posyandu Mutiara Bunda, Paud Tetuko dan juga dari TK Dharma Wanita Desa Sukoharjo.

Samsuri,S.Pd.MM selaku Kepala SD Negeri 1 Sukoharjo dalam sambutanya menyampaikan apresiasi kepada semua peserta pelatihan manasik haji.
Samsuri menambahkan, pelatihan manasik haji ini baru kali pertama dilaksanakan. Dalam hal ini, Samsuri menyampaikan terimakasih kepada Pemdes Sukoharjo atas bantuan dan kerjasamanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Sukoharjo, Supeni Proboraras,S.Pi., mengharapkan untuk kegiatan tahun depan, semua lembaga pendidikan yang ada di Desa Sukoharjo bisa ikut kegiatan.

Sementara itu, Korwil UPASP Bandung, Hj. Suparmi,S.Pd.M.Pd., dalam sambutanya menyampaikan apresiasi kepada semua pihak, baik dari lembaga, pemerintah desa maupun wali murid serta personil keamanan.

Menurut Korwil, kegiatan ini baru pertama kalinya dilaksanakan. Dalam hal tersebut, Korwil bahkan sempat berseloroh bahwa Kepala SD Negeri 1 Sukoharjo sebagai PROMOTOR dalam pelaksanaan pelatihan manasik haji untuk anak.

Dalam kesempatan tersebut, Korwil juga menyebut bahwa kegiatan seperti pelatihan manasik haji ini sangat positif. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai pembelajaran usia dini sekaligus mengenalkan makna ibadah haji kepada siswa.

Kegiatan manasik ini merupakan cara mengenalkan makna ibadah haji kepada anak menanamkan nilai dan norma-norma keagamaan yang kuat sejak dini.

Perlu diketahui, kegiatan ini dimulai dari halaman Balai Desa Sukoharjo dan diakhiri di halaman SD Negeri 1 Sukoharjo.

Setiap siswa menggunakan pakaian layaknya jamaah haji di Mekkah serta mengikuti tahapan-tahapan dalam pelaksanaan ibadah umroh dan haji. Anak-anak tersebut begitu antusias mengikuti latihan manasik haji yang dipandu secara langsung oleh petugas Muthowwif para Ustadz dan Ustadzah.

Kegiatan ini dimulai dengan pembacaan niat Haji dan Umroh. Selanjutnya perjalanan menuju Makkatul Mukarromah. Kemudian dilakukan prosesi giat manasik haji yaitu dengan memasuki Masjidil Harom, Wukuf di ‘Arofah, Mabit di Muzalifah, Jamarot di Minna, Thowaf Ifadoh, meminum Air Zam-zam, Sai antara Bukit Shofa dan Marwah dan yang terakhir yaitu Tahalul (memotong rambut).

(Lgeng)

 586 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *