Dandim 1016/Palangka Raya Instruksikan Babinsa Jajaran Pro Aktif Cegah Karhutla

Dandim 1016/Palangka Raya Instruksikan Babinsa Jajaran Pro Aktif Cegah Karhutla

indopers.net | Palangka Raya (Kalteng) – Komandan Kodim 1016/Palangka Raya Letkol Czi Wiwid Wahyu HIdayat menginstruksikan Danramil jajaran untuk intensif lakukan pencegahan dan penanggulangan kabakaran hutan dan lahan (Karhutla) melalui para Babinsa kepada masyarakat di wilayah teritorial Koramil masing-masing.

Sebagai contoh pada hari kemaren Rabu 31 Mei 2023 Babinsa Koramil 01/Pahandut Pelda Nurkholis bersama unsur terkait melaksanakan patroli dan pemadaman kebakaran lahan yang berlokasi di Jl. Tjilik Riwut Km 13 masuk Jl. Katimpun Permai, Kelurahan Petuk Katimpun, Kecamatan Jekan Raya, Palangka Raya.

Dandim 1016/Palangka Raya Letkol Czi Wiwid Wahyu HIdayat mengatakan, Karhutla merupakan ancaman terbesar yang sangat susah dalam penanganannya dan setiap wilayah mempunyai letak geografis yang berbeda, untuk itu perlu penanganan yang serius dari berbagai pihak.

“Saya mengintruksikan kepada Babinsa jajaran Kodim 1016/Palangka Raya untuk proaktif berkampanye pencegahan dan penanggulangan Karhutla dengan melakukan pendekatan persuasif kepada seluruh masyarakat di wilayah binaan masing-masing,” Ujar Dandim.

“Pencegahan dan penanggulangan Karhutla bisa melalui sosialisasi, komunikasi sosial (Komsos) dengan elemen masyarakat, patroli di wilayah rawan Karhutla dan himbauan melalui lisan dan pemasangan spanduk larangan membakar hutan, diharapkan dengan penanganan yang serius dan sinergitas dengan semua elemen masyarakat, bahaya kebakaran hutan dan lahan dapat di minimalisir,” Jelas Dandim.

Dandim juga mengatakan bahwa, Himbauan ini bukan tanpa alasan, karena wilayah Kodim 1016/Palangka Raya sangat rentan timbulnya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Walaupun upaya-upaya mencegah terjadinya Karhutla sudah kita lakukan, hal ini merupakan prioritas dan harus menjadi perhatian serius semua pihak,” Kata Dandim.

“Saya meminta agar masyarakat lebih bijak dalam mengelola kebun maupun lahan. Hal ini dilakukan agar terhindar dari bencana kebakaran, karena dampaknya multi efek, terutama kesehatan dan merugikan banyak pihak,” Ujar Dandim.

@Umar k.

Sumber:Pendim 1016/Plk

 184 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *