Tim RSPO dan BSI Beri Penilaian Kepada Kelompok Perkebunan Sawit KUD Tridaya

Tim RSPO dan BSI Beri Penilaian Kepada Kelompok Perkebunan Sawit KUD Tridaya

indopers.net | Kotawaringin Timur (Kalteng) – Tim Auditor RSPO dan BSI beri penilaian kepada kelompok Perkebunan Sawit KUD Tridaya di ruang Sekretariat Internal Control Sistem (ICS) jalan Desa Karang Tunggal, Kecamatan Parenggean, Kabupaten Kotim, Provinsi Kalteng, Kamis 30 Maret 2023.

Ketika di jumpai media ini ketua Tim BSI (Mujinius Jalanraya) mengatakan, ” Ini merupakan kegiatan audit RSPO untuk Petani Swadaya, jadi kita sudah lakukan audit sejak hari Senin (27/3) sampai dengan hari Kamis ini, hampir empat hari.

“Intinya kita melakukan penilaian bagaimana petani Swadaya itu, memenuhi standar RSPO untuk petani Swadaya. Baik dari sisi pengelolaan kebun kelapa sawitnya, praktik terbaik perkebunannya, dan dari aspek lingkungan, aspek sosial, aspek, legalitas, termasuk aspek kelembagaan.

Jadi hal-hal itu yang kita nilai, dan sejauh mana KUD Tridaya ini bisa memenuhi aspek-aspek tersebut. Dan proses sertifikasi ini juga, tidak berhenti sampai di sini. Setelah proses audit ini, masih ada perbaikan-perbaikan yang harus dilakukan oleh KUD, sehingga ketika perbaikan sudah dilakukan dan kita nyatakan KUD sudah memenuhi syarat, barulah bisa kita terbitkan sertifikat RSPO, “katanya.

Secara terpisah wakil ketua KUD Tridaya (H. Chairul Anwar) mengungkapkan, ” Kami dari pengurus KUD Tridaya merupakan satu kebanggaan tersendiri dengan adanya audit yang diadakan oleh RSPO, yang dikunjungi langsung oleh Tim dari BSI yang mana mereka memberikan suatu motivasi, yang begitu luarbiasa,

Kepada kami KUD Tridaya di Karang Tunggal khususnya kecamatan Parenggean, dan Kabupaten Kotawaringin Timur pada umumnya. Yang mana kedepan dengan adanya program sertifikasi RSPO ini saya berharap, mudah-mudahan petani sawit yang ada di wilayah Parenggean atau Kotawaringin Timur pada umumnya akan merasakan manfaat yang luar biasa,

Yang mana dari sisi produksi fitas, dari sisi keamanan, kenyamanan, peningkatan ekonomi, semuanya saya harapkan dan berharap mudah-mudahan itu terjadi dengan adanya peningkatan produksi yang sudah dibimbing oleh Tim BSI.

Bahkan disamping itu juga, kemarin kita mengadakan sertifikasi ISPO, dan sudah dilaksanakan selama dua kali, dan Alhamdulillah kita tinggal menunggu sertifikasinya. Kalau memang nantinya ada kekurangan, sedikit-sedikit kekurangan itu sudah tentu akan kita perbaiki kedepannya, agar supaya KUD Tridaya lebih baik dan lebih maju lagi, “Harap H. Chairul Anwar.

@Umar k.

 273 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *