Pelabuhan Tanjung Gudang di Babel Sepantasnya Menjadi Pelabuhan Ekspor-Impor Nusantara.

Pelabuhan Tanjung Gudang di Babel Sepantasnya Menjadi Pelabuhan Ekspor-Impor Nusantara.

indopers.net, PANGKALPINANG (BABEL) – Demi menunjang pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung (Babel) yang diwujudkan melalui pengembangan Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu sudah sepantasnya menjadi pelabuhan ekspor-impor, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, guna mendorong peningkatan pertumbuhan perekonomian masyarakat daerah tersebut.

“Pengembangan pelabuhan ini tidak hanya akan meningkatkan ekspor komoditas pertanian, perikanan dan lainnya, tetapi juga akan meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan asing, ungkap Kepala KSOP Cabang Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu Fahruddin, sabtu 11/03/23.

Ia juga mengungkapkan Pelabuhan ini nantinya tidak hanya menjadi pelabuhan ekspor impor, Akan tetapi sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dapat menjadi peluang bagi percepatan pembentukan daerah otonomi baru kabupaten bangka utara,” katanya.

Kapasitas pelabuhan Tanjung Gudang di Belinyu, Kepulauan Bangka Belitung ini bakal ditingkatkan sehingga bisa menjadi pelabuhan ekspor, Pelabuhan yang berlokasi di utara Bangka ini mengusung konsep pelabuhan terintegrasi dengan terminal peti kemas internasional dan domestik, terminal roro (jenis kapal) dan pelabuhan perikanan.

Dia juga menuturkan, wilayah Babel berada pada poros tengah lalu lintas pantai timur Sumatera, Selat Malaka dan Selat Karimata yang merupakan jalur perdagangan internasional.

Menurutnya, secara geografis lokasi pelabuhan strategis untuk bidang pelayaran dan perdagangan ke berbagai negara khususnya Asia Pasifik. Sehingga, pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu ini bisa digunakan untuk melayani arus ekspor impor termasuk komoditas dari Babel sendiri.

(Syofian Rizal)

 244 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!