Dandim 1019/Ktg Letkol Inf Anggun Wuriyanto, SH, M.Han Hadiri Apel Gelar Pasukan Dan Satpas Dalam Rangka Menghadapi Karhutla

Dandim 1019/Ktg Letkol Inf Anggun Wuriyanto, SH, M.Han Hadiri Apel Gelar Pasukan Dan Satpas Dalam Rangka Menghadapi Karhutla

indopers.net, Katingan (Kalteng) – Dalam rangka menghadapi Karhutla Tahun 2023 dilaksanakan Apel gelar pasukan dan satpas yang mana apel ini dipimpin oleh Bupati Katingan, Bapak sakariyas SE. Adapun apel ini dilaksanakan kurang lebih pukul pukul 07.30 WIB bertempat di Lapangan Polres Katingan Jln. Bhayangkara No. 01 Desa Hampalit Kec. Katingan Hilir Kab. Katingan, provinsi Kalimantan Tengah, ( Rabu 1/2/2023).

Turut hadir dalam kegiatan ini diantaranya :
Kapolres Katingan yaitu AKBP I Gede Putu Wisyana, SH, S.Ik, MH,
Dandim 1019/Ktg Letkol Inf Anggun Wuriyanto, SH, M.Han, Wakapolres Katingan Kompol Triyo Sugiyono, SH ,Kasatpol PP Kab. Katingan Pimanto, S.Sos ,Kalaksa BPBD Kab. Katingan Markus, S.Pd, M.Ph ,Pasi Ops Kodim 1019/Ktg Lettu Inf Syam Herif Paus ,Danramil 1019-03/Kth Letda Inf Bari dan Undangan lainnya.

Menurut Bapak Bupati Katingan dalam amanatnya menyampaikan bahwa “
saat ini kondisi cuaca masih mengalami kecendrungan berubah dan masih terjadi hujan beberapa hari terakhir namun dari rekap data BMKG di bulan Januari 2023 jumlah titik hospot Kab. Katingan terdapat 21 titik hospot.”

“Berdasarkan prakiraan BMKG perlu diwaspadai terkait siklus 4 tahunan enson tahun 2023 yaitu kejadian elnino yang siklusnya terjadi tahun 2015 dan tahun 2019 sehingga memungkinkan tahun ini akan terjadi musim kemarau musim kering yang cukup panjang. Dan perlu adanya Persiapan yang harus segera di lakukan diantaranya meliputi kesiapan personel peralatan metode dan koordinasi termasuk mengaktifkan kembali relawan – relawan yang aktif di setiap desa untuk monitoring kawasan hutan dan lahan agar tercover oleh petugas yang ada dan segera memberikan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat maupun korporasi melalui giat door to door.”

Selanjutnya secara terpisah Dandim 1019/Ktg mengatakan,” dalam upaya penanggulan karhutla harus di laksanakan dengan sinegritas TNI/ POLRI serta stakeholder terkait maupun potensi masyarakat lainya dan Instansi dalam penanggulangan karhutla Kab. Katingan masih sangat terbatas oleh karena itu perlu adanya partisipasi kerja sama dan koordinasi lintas instansi untuk menyiapkan peralatan dan satuan tugas penanggulangan karhutla sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawabnya.”

“Penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan yang wajib dipersiapkan adalah mental dan fisik yang dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi serta diniatkan disetiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.”

Lebih lanjut lagi menurut Dandim 1019/ Ktg “kita harus berpedoman pada prinsip pencegahan lebih penting daripada mengatasi sehingga perlu dilaksanakan pemetaan titik-titik rawan karhutla, sosialisasi dan patroli rutin pada daerah karhutla, yang mana harus menyiapkan satuan tugas penanggulangan karhutla pada masing-masing instansi sesuai tugas dan tanggung jawabnya dengan dilengkapi sarana dan prasarana pendukung yang di miliki.”

“Serta dengan meningkatkan dan memantapkan kemampuan dan keterampilan teknis bagi setiap personel yang di tugaskan dalam penanggulangan karhutla, sehingga mampu mengatasi kendala yang akan di laksanakan di lapangan.”Dengan menumbuhkan partisipasi dari segenap potensi masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam membantu penanggulan karhutla di Kab. Katingan.” Imbuhnya. (@Umar k)

 241 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!