Kodim 1019 – 04/KTT Melaksanakan Kegiatan Pelatihan PBB Dan PPM Di Lingkungan Sekolah SMAS Kristen

Kodim 1019 – 04/KTT Melaksanakan Kegiatan Pelatihan PBB Dan PPM Di Lingkungan Sekolah SMAS Kristen

indopers.net, Katingan (Kalteng) – Koramil 1019-04/KTT melaksanakan kegiatan pelatihan PBB dan PPM bertempat disekolah SMAS Kristen Kec. Katingan Tengah, provinsi Kalimantan Tengah, sabtu 21 Januari 2023.

Pelaksanaan kegiatan Pelatihan PBB dan PPM ini dimulai sekitar kurang lebih pukul 07.00 wib s.d 08.30 wib. Dua personel dari Kodim 1019-04/KTT yang memberikan materi pelatihan yakni Sertu Suswanto, Prada Rizki Pratama , Comcad M. Fajrianor. Kegiatan pelatihan PBB dan PPM di sekolah SMAS Kristen Kec. Katingan Tengah ini bertujuan dalam rangka meningkatkan rasa cinta tanah air dan Wawasan Kebangsaan serta mengenalkan Kodim 1019 – 04/KTT dan terkhusus Babinsa yg berada di wilayah Koramil Katingan Tengah.

Dengan harapan agar lebih disiplin lagi selain itu juga memupuk jiwa kebangsaan dan bernegara supaya lebih tertanam di jiwa mereka kecintaan terhadap tanah air. Dalam latihan kali ini diikuti Pramuka siswa-siswi sebanyak 85 peserta. kedepannya semakin menarik dan sekolah-sekolah lain akan mengikuti jejak melaksanakan kegiatan ini.

“Sudah ada 2 sekolah yang meminta Koramil untuk minta dilatih, selain materi PBB yang disampaikan ada juga materi tentang Wawasan Kebangsaan, bertujuan agar para anggota Pramuka mengerti tentang sejarah perjuangan Bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan, sehingga dengan begitu para peserta mengerti tentang nilai-nilai kemerdekaan yang sudah kita rasakan saat ini,” kata Sertu Suswanto.

Ditempat terpisah Danramil 1019-04/KTT. Lettu Inf Mukhid menyampaikan, “selamat dan memberi kan apresiasi positif kepada Kepala sekolah SMAS Kristen atas pelaksanaan kegiatan PBB tersebut. Serta berkoordinasi mengenai pembenahan pangkalan, Rencana Upacara Bendera menyesuaikan dengan Tum TNI.

Karena dengan mengikuti kegiatan Pramuka, anak akan dilatih dengan berbagai aktivitas yang jauh dari rumah dan tidak melibatkan orang tua, salah satunya adalah berkemah. Saat berkemah para pelajar atau siswa akan dituntut untuk tinggal hingga mengurus segala sesuatu bersama anggota yang lain, mulai dari memasak, mencuci, hingga membersihkan tendanya.

Melatih untuk lebih disiplin, kegiatan Pramuka biasanya sudah memiliki jadwal serta peraturan yang ketat. Semua peserta Pramuka juga harus mematuhi dan mengikuti seluruh rangkaian acara dari awal hingga akhir, mulai dari mengikuti upacara apel, mengumpulkan tugas, istirahat pada waktu yang ditentukan, hingga mengenakan atribut lengkap.

” Membangun Karakter Gotong Royong. Kegiatan berkemah dari Pramuka juga bisa mengasah karakter gotong royong pada diri anak. Ya, karakter gotong royong dapat dibangun ketika si kecil dan seluruh penghuni tenda bersama-sama membangun tenda. Kemudian, mereka juga harus bergotong-royong untuk menyelesaikan pekerjaan, misalnya memasak atau mencuci piring.

Mampu Meningkatkan Rasa Kepedulian, kegiatan tim yang dilakukan di dalam Pramuka juga bisa meningkatkan rasa kepedulian anak. Anak juga Diajak untuk Belajar Mencintai Alam. Belajar Bekerja Sama dan juga Melatih Kepemimpinan.” Pungkas Danramil.

(Umar k)

 201 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *