Bangunan SD di Trenggalek Rawan Ambruk Terdampak Longsor

Bangunan SD di Trenggalek Rawan Ambruk Terdampak Longsor

Kondisi bangunan sekolah dasar setelah terjadi bencana longsor di Desa Tangkil, Panggul, Trenggalek.

indopers.net, Trenggalek (Jatim) – Bangunan SD di Kecamatan Panggul, Trenggalek, Jawa Timur rawan ambruk akibat plengseng penahan tebing yang ada di bawah gedung sekolah itu amblas terdampak longsor.

“Kami khawatir jika hujan deras lagi akan memicu longsor lanjutan yang membahayakan siswa dan guru yang ada di dalam kelas,” kata Sumarsono anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) Kecamatan Panggul, Trenggalek, Minggu (18/12/2022).

Bencana longsor yang menyebabkan plengseng gedung SD Tangkil ambrol itu terjadi pada Sabtu (17/12/2022) dini hari, pukul 02.00 WIB.

Sebelumnya, hujan dengan intensitas tinggi mengguyur daerah Kecamatan Panggul. Diketahui hujan terjadi sejak Jumat (16/12/2022) sore sekitar pukul 14.30 WIB hingga Sabtu sekitar pukul 04.00 WIB.

Longsornya pagar sekolah itu mengancam sisi bangunan lainnya yang tidak jauh dari lokasi longsor.

Mengingat gedung di sebelah pagar yang digunakan sarana kegiatan pembelajaran para siswa itu terancam ambrol jika longsor di area pagar bertambah parah, seiring curah hujan yang mengguyur wilayah Bumi Menak Sopal.

“Kami imbau untuk selalu berhati-hati dan waspada mengantisipasi longsor susulan,” imbuhnya.

Dia melanjutkan, selain membersihan material longsor, lokasi sekitar pagar sekolah yang rusak akan dilakukan penanganan darurat untuk sementara waktu.

Dengan cara penutupan terpal agar air hujan tidak masuk ke pori-pori tanah yang memicu potensi longsor bertambah, imbuhnya.

Merujuk ramalan BMKG, puncak curah hujan diperkirakan terjadi pada akhir Desember atau Januari 2023. (lgeng)

 150 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!