Sambut Baik Kedatangan Ketua Rumah Adat Desa Lingga, Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin: Kebudayaan Asli Desa Lingga Perlu Diangkat dan Dilestarikan

Sambut Baik Kedatangan Ketua Rumah Adat Desa Lingga, Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin: Kebudayaan Asli Desa Lingga Perlu Diangkat dan Dilestarikan

indopers.net, Palembang (SUMSEL) – Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin Palembang sambut baik kedatangan Ketua Rumah Adat Desa Lingga Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim beserta rombongan di Keraton Kesultanan Palembang Darussalam, Jl. Torpedo Sekip Ujung Palembang, Sumatera Selatan.

Sultan mengucapkan terimakasih atas Kehadiran rombongan Keluarga Rumah Adat Desa Lingga. dirinya berharap sejarah, adat istiadat serta kebudayaan asli yang ada di Desa Lingga perlu diangkat dan tetap dilestarikan.

“Sejarah masa lampau tetap dijaga keaslian, sehingga silsilah turun temurun ada yang meneruskan terutama sejarah kesultanan dan warisan pusaka yang menjadi senjata para raja dan pembesar di kerajaan,” ungkap Sultan. Kamis, (22/09/2022).

Lebih lanjut beliau bercerita tentang sejarah Sriwijaya dan Kesultanan Palembang sekaligus memperkenalkan beberapa puluh peninggalan pusaka yang merupakan senjata yang dipakai pada saat itu.

“Sejak dua tahun terakhir banyak perkembangan sejarah yang luar biasa seperti adat istiadat dan kebudayaan Desa Lingga khususnya dan Kabupaten Muara Enim pada umumnya, saya sangat menyambut baik karena keberadaan kita sekarang merupakan peradaban yang terjadi di masa silam,” bebernya.

Sultan juga berharap, kebudayaan asli yang ada di kabupaten Muara Enim, dan Sumatera Selatan yang sangat luar biasa ini perlu diangkat agar seluruh rakyat Indonesia maupun dunia mengetahui nya.

“Kebudayaan asli dan kearifan lokal harus menyentuh generasi muda sekarang, dengan ada yang meneruskan sehingga tidak hilang serta tidak putus, hal seperti ini perlu disampaikan sebagai pengetahuan, edukasi dan panduan bagi mereka kelak,” harap Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin Palembang.

Masih di tempat yang sama, Sajid Al Akbar selaku Ketua rumah adat Desa Lingga juga mengungkapkan, sangat mengapresiasi atas saran dan masukan terhadap keberadaan Rumah Adat Desa Lingga khususnya dan kebudayaan asli Muara Enim pada umumnya.

“Tidak ada kata lagi selain mengucapkan Alhamdulillah syukur mengingat kesibukan beliau sebagai Sultan, kami dari Desa Lingga telah di terima dengan baik, ke depan kami siap menjalankan saran dan masukan dari Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin Palembang,” pungkas Sajid.

(Tnd)

 294 total views,  3 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!